4.6.24

Tugas Essay 4: Psikologi Lingkungan - Melakukan upcycling sampah anorganik & merintis sbg pengusaha ekonomi sirkuler - Oleh FARICHATUL LAIL HUDHALIFAH

DOSEN PENGAMPU : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

NAMA :  FARICHATUL LAIL HUDHALIFAH

NIM : 22310410176

KELAS : SJ

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


POT BUNGA

GALON AIR MINUM PLASTIK

Hari ini saya akan merubah galon plastik Le Minerale menjadi pot bunga yang lucu dimana cara ini kreatif untuk mendaur ulang bahan plastik dan mengurangi limbah. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

Alat dan Bahan:

1. Galon plastik Le Minerale

2. Pisau cutter dan gunting tajam

3. Cat akrilik 

4. Kuas 

5. Paku atau alat untuk membuat lubang drainase

6. sepidol permanen


Langkah-langkah:

1. Bersihkan Galon :

   - Cuci galon plastik dengan air dan sabun untuk menghilangkan residu yang ada. Pastikan galon benar-benar kering sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Potong Galon :

   - Tentukan tinggi pot yang diinginkan. Biasanya, setengah bagian bawah galon cukup ideal untuk dijadikan pot.

   - Gunakan pisau cutter atau gunting tajam untuk memotong galon pada ketinggian yang sudah ditentukan dan pola yang sudah digambar sebelumnya . Potong dengan hati-hati agar hasilnya rapi dan tidak melukai diri sendiri.

3. Buat Lubang Drainase :

   - Balik bagian galon yang akan dijadikan pot.

   - Gunakan paku atau alat lain untuk membuat beberapa lubang di bagian bawah pot. Lubang-lubang ini akan berfungsi sebagai drainase untuk mencegah air tergenang yang bisa menyebabkan akar tanaman membusuk.

4. Dekorasi (Opsional):

   - Jika ingin pot terlihat lebih menarik, kita bisa mengecatnya. Gunakan cat akrilik dengan warna dan desain yang kita sukai, disini saya menggambar pola mirip kucing dengan mengecatnya dengan warna yang lucu.

  - Biarkan cat benar-benar kering sebelum melanjutkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengubah galon plastik Le Minerale menjadi pot bunga yang menarik dan fungsional. Ini adalah proyek DIY yang sederhana namun bermanfaat, baik untuk dekorasi rumah maupun untuk lingkungan.

Hambatan saat membuat pot :

  1. Pemotongan Galon:

    • Plastik galon Le Minerale cukup tebal dan keras sehingga memotongnya bisa menjadi sulit dan berisiko cedera. Sehingga harus menggunakan alat yang tajam dan hati-hati saat memotong.

  2. Drainase:

    • Jika lubang drainase tidak dibuat dengan cukup, air bisa menggenang di dalam pot, yang dapat menyebabkan busuk akar. Pastikan lubang drainase cukup besar dan jumlahnya memadai.

  3. Estetika:

    • Tanpa dekorasi tambahan, pot dari galon plastik mungkin terlihat kurang menarik. Menghias pot dengan cat atau bahan lain bisa memakan waktu dan biaya tambahan.

  4. Ketahanan:

    • Plastik mungkin tidak tahan lama terhadap paparan sinar matahari langsung dan cuaca ekstrem. Pertimbangkan untuk menempatkan pot di tempat yang terlindung atau menggunakan cat pelindung UV.

Link penjualan :

  • https://www.instagram.com/p/C7q6SzryxGR/?igsh=MWppNGRrZzZxdGIwNw==

0 komentar:

Posting Komentar