13.6.24

Tugas Essay 4: Psikologi Lingkungan - Melakukan upcycling sampah anorganik & merintis sebagai pengusaha ekonomi sirkuler - Oleh Asna Khoirunisa

DOSEN PENGAMPU : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

NAMA : Asna Khoirunisa

NIM : 22310410153

KELAS : SJ

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Mengubah Sampah Menjadi Barang Yang Memiliki Nilai Jual

Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu barang bekas menjadi barang baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna. Daur ulang adalah sesuatu yang luar biasa karena dapat mengurangi pencemaran lingkungan serta bisa meningkatkan ekonomi. Kerajinan daur ulang, barang daur ulang, merupakan salah satu cara kreatif mengubah kekacauan yang tidak diinginkan di rumah Anda menjadi sesuatu yang indah dan berguna. Daur ulang itu menyenangkan dan praktis. Dari kegiatan daur ulang selain mengubah sampah menjadi barang yang bernilai jual ternyata bisa membantu kita dalam menguramgi stress. Karena kita bisa berkreasi dan menuangkan ide dan imajinasi kit ke dalam karya kita. 

Pada kesempatan ini sebagai salah satu tugas dari dosen, dan karena di rumah saya ada bnayak wadah bekas minuman maka saya memanfaatkan wadah bekas minuman kemasan tersebut diubah menjadi hiasan pada pintu. Siapa sangka yang tadinya orang pikir itu sampah ternyata bisa diubah menjadi sesuatu yang cantik serta memiliki nilai jual tersendiri. Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat hiasan pintu sangatlah mudah didapatkan. Yang pertama pastinya wadah bekas minuman kemasan, yang kedua gunting dan yang ketiga adalah stapler.  

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah siapkan alat dan bahan lalu bersihkan bekas wadah minuman kemasan.


Yang kedua pisahkan ujung atas wadah dari wadah tersebut.

Yang ketiga potong wadah menjadi 6 bagian lalu distapler bentuk seperti bunga dan jangan lupa saat di tengah yang berbentuk lingkaran dimasukkan ke dalam potongan lalu baru di stapler.

Dan hasil Akhirnya

Sangat mudah dan simple bukan? Untuk itu marilah kita rajin untuk terus berinovasi memanfaatkan sampah disekitar kita agar sampah tersebut tidak menimbulkan masalah dikemudian hari namun malah bisa menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Produk ini akan saya jual melalui platform Instagram saya berikut ini https://www.instagram.com/p/C8Cl4ZkJPJl/?igsh=OWo3d2ttczQybXd2

0 komentar:

Posting Komentar