10.6.24

ESSAY 7_Psiklogi Lingkungan_Nasabah Bank Sampah_Oleh Ellenia Ika Apriliani

 


“MENJADI NASABAH BANK SAMPAH”


Tugas Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA





Penulis : Ellenia Ika Aprilliani (22310410174)

Kelas : SP


PROGAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKATA




Bank sampah merupakan salah satu bentuk strategi dalam membangun kepedulian masyarakat agar dapat bersahabat dengan sampah yang bisa mendapatkan keuntungan. Bank sampah merupakan salah satu konsep pengumpulan sampah kering yang dipilih dan mempunyai buku rekening atau tabungan seperti perbankan. Progam bank sampah sangat mendukung progam pemerintah yang dapat mengurangi penumpukkan sampah.

Bank sampah Srikandi Mandiri berdiri sejak tahun 2019 yang dikelola oleh kelompok organisasi Ibu-Ibu PKK yang berjumlah sembilan anggota di Tawarsari, Wonosari, Gunungkidul. Bank sampah ini menampung sampah dalam satu padukuhan. proses pengambilan sampahnya diambil dari rumah ke rumah dan penimbangan sampahnya dilakukan satu minggu sekali setiap hari minggu.

Bank sampah srikandi mandiri suatu konsep pengelolaan sampah, yakni 3R. Reduce yang artinya mengurangi atau membatasi sampah, Reuse menggunakan sampah kembali, dan Recyle memanfaatkan kembali sampah. 

Pada bank sampah ini menerima berbagai jenis sampah kecuali sampah basah dan sampah pakaian. Sampah-sampah dipilah sesuai dengan jenisnya. Sampah yang bisa didaur ulang dibuat menjadi kerajinan, sedangkan sampah yang tidak bisa didaur ulang diambil oleh pengepul sampah. Selain itu bank sampah srikandi mandiri ini juga memproduksi dan membuat kompos, ecoenzym. 

Manfaat bank sampah bagi nasabah dan masyarakat, antara lain:

  • Dapat mengurangi penumpukkan pada sampah.

  • Mempunyai fungsi sebagai ekonomi masyarakat,

  • Mencegah pencemaran pada lingkungan.

  • Memberikan kesadaran kepada masyarakat pentingnya kebersihan.

  • Membuat sampah menjadi barang yang unik dan ekonomis.

  • Memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat.

Sebagai bentuk partisipasi saya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Saya ikut serta dalam menjadi salah satu nasabah bank sampah di Srikandi Mandiri. Hal itu saya lakukan dalam bentuk keikut sertaan saya dalam mengurangi penumpukkan sampah dan pencemaran pada lingkungan. 

Berikut beberapa dokumentasi: 



Penyerahan sampah dan buku nasabah bank sampah

        

 






Jenis-jenis sampah yang ada di Bank Sampah Skrikandi Mandiri

        

  


 

Kerajinan piring dan bunga dari hasil daur ulang sampah

 









0 komentar:

Posting Komentar