10.6.24

ESSAY 7 : Psikologi Lingkungan_Nasabah Bank Sampah_ Oleh Rafiqoh Novembria


“BELAJAR MENJADI PEDULI LINGKUNGAN DENGAN MENABUNG DI BANK SAMPAH”

Tugas Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA,MA


Rafiqoh Novembria / 22310410181

Kelas : SP


FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

2024/2025

Di zaman sekarang, banyak sekali pencemaran yang terjadi akibat penumpukan sampah baik penemaran udara dan pencemaran air. Terlebih, sikap konsumtif dari Masyarakat juga menyumbang pencemaran itu. Maka dari itu salah satu cara untuk mencegah pencemaran lingkungan yaitu dengan menabung di bank sampah.

Bank sampah sendiri memiliki arti sebagai tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Bank sampah juga merupakan suatu kegiatan atau program yang dibentuk oleh Masyarakat menanggapi akan keprihatinan pada lingkungan hidup yang mana semakin hari , lingkungan menjadi semakin penuh sampah dan tercemar. Bank sampah sendiri dikelola oleh relawan ataupun Masyarakat sekitar baik dalam lingkup RT, RW maupun kelurahan. Selain itu bank sampah sendiri memiliki tujuan untuk mengajarkan, menyadarakan dan menumbuhkan rasa kepedulian dan tanggungjawab masyarakat terhadap lingkungan. Tidak hanya itu saja, bank sampah juga memberikan manfaat lainnya  antara lain menyadarkan masyarakat akan pentinganya menjadi orang yang bertangung jawab, sebagai penghasilan tambahan, menumbuhkan sikap peduli akan sampah dan menjadikan lingkungan tampak bersih. selain itu ada berbagai macam jenis sampah yang dapat ditabung di Bank Sampah meliputi  plastic, kardus, alat elektronik, botol, dan juga sampak minyak goreng bekas. 

Dalam essai ini, saya akan berbagai sedikit pengalaman menjadi nasabah disalah satu Bank Sampah yang ada di Kota Surakarta. Bank sampah ini terletak tidak begitu jauh, tepatnya di Jl. Dahlia No.27, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. Nama bank sampah ini adalah The Gade Clean and Gold-Bank Sampah Kitiran Emas. Bank sampah ini menerima berbagai jenis sampah mulai dari sampah plastic, kardus, botol, dan juga minyak jelantah. Bank sampah ini menerima sampah setiap hari namun untuk kegiatannya dilakukan setiap minggu ke 2 dan minggu ke 4. Selain itu, untuk mempermudah dalam penyampaian informasi terkait dengan jumlah sampah yang sudah di kumpulkan di bank sampah ini. Tiap – tiap nasabah akan diberitahu melalui WA, sehingga informasi menjadi lebih mudah dan cepat diterima oleh para nasabah bank sampah. Tidak hanya itu saja, Bank Sampah ini juga menyediakan buku Tabungan bagi para anggota yang tidak memiliki handphone. 

Selama saya menjadi nasabah dibank sampah ini, saya mengumpulkan 3 jenis sampah yaitu plasic, botol dan minyak jelantah. Pengumpulan sampah ini saya lakukan tidak pada saat kegiatan nya. Saya mengumpulkan sampah saat saya rasa sampah yang sudah saya kumpulkan sudah penuh atau setiap 1 bulan sekali. Berikut ini foto dari sampah yang saya kumpulkan di bank sampah tersebut  :


Demikian essai yang saya tulis ini, semoga dengan membaca esai ini, kitab isa sadar dan peduli akan pentingnya menjaga lingkungan kita.

Terimakasih 


0 komentar:

Posting Komentar