10.6.24

ESSAY 6_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH KELVIN ARYUDI


 KUNJUNGAN TPSP RANDU ALAS

Tugas Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen pengampu Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Essai 6



Nama : Kelvin Aryudi

Nim : 22310410168 

Kelas : SP



KUNJUNGAN TPSP RANDU ALAS


Sampah di Jogja berkaitan erat dengan kesehatan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Sistem pengelolaan sampah yang ada saat ini seringkali belum mampu menangani volume sampah yang terus meningkat, mengakibatkan penumpukan sampah di berbagai titik kota. Hal ini menimbulkan berbagai dampak negatif, mulai dari pencemaran tanah dan air, hingga masalah kesehatan seperti penyebaran penyakit.

Penanganan sampah yang tidak optimal juga mempengaruhi citra kota sebagai destinasi wisata yang menarik. Wisatawan yang datang ke Jogja mungkin merasa kurang nyaman jika menemui tumpukan sampah di tempat-tempat wisata, yang pada akhirnya dapat berdampak pada sektor pariwisata yang merupakan salah satu sumber utama pendapatan daerah.


Tanggal 4 Mei 2024 saya bersama dengan mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 berkunjung ke TPS 3R Randu Alas yang terletak di RW.09 dusun Candi karang, Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.Tempat Pengelolaan Sampah Reduce-Reuse-Resycle (TPS 3R) Randu Alas adalah salah satu TPS 3R yang diselenggarakan oleh satuan kerja penyehatan lingkungan pemukiman berbasis masyarakat , Direktorat pengembangan penyehatan lingkungan , Direktorat jendral cipta karya, Kementerian pekerja umum

Petugas sampah di TPST randu alas menemukan solusi dalam penanganan sampah yang tidak bisa didaur ulang dikarenakan setiap harinya sampah bertambah terus dan mengakibat overload dalam penampungan sampah di TPST tersebut. Dari kejadian diatas kita sadari bahwa sampah tidak semuanya bisa kita daur ulang lagi oleh karena itu TPST randu alas mengajak kita untuk lebih bijak lagi dalam menggunakan kantong plastik atau barang sekali pakai lainnya agar tidak menjadi sampah yang menumpuk.





0 komentar:

Posting Komentar