12.5.24

ESSAY 4_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH AMIEN WAHYUDI

 ECOBRICK: MEMANFAATKAN BARANG BEKAS SAMBIL BERMAIN BERSAMA ANAK

Tugas Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

Nama Mahasiswa Amien Wahyudi NIM 22310410190

Kelas : SP




Banyaknya barang bekas yang ada, dimasa lalu hanya menjadi sampah yang tidak memiliki nilai ekonomis. Tetapi di masa sekarang barang bekas, saat ini telah banyak dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi. Sampah pelastik selain bisa dijual secara langsung juga bisa dimanfaatkan untuk mendambah nilai jualnya. Barang pelastik yang diolah kembali dapat menjadi barang berdaya guna. Diantara hasil banyak barang bekas yang dimanfaatkan kembali adalah ecobrick.

Ecobrick adalah adalah botol plastik yang diisi dengan limbah anorganik sampai memadat sehingga bisa digunakan sebagai batu bata dalam mendirikan bangunan. Ecobrick menjadi solusi pengelolaan limbah padat tanpa biaya dan dapat dimanfaatkan setiap individu, rumah tangga, sekolah, maupun masyarakat secara umum. Hasil daur ulang ini juga bisa bernilai ekonomi yang tinggi jika dimanfaatkan untuk kerajinan (https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7169965/ecobrick-adalah-sejarah-manfaat-cara-membuat-kelebihan-dan-kekurangan).

Biasanya ecobrik dibentuk mejadi bata yang keras dan bisa dimanfaatkan untuk pembuatan tempat tinggal. Selain tempat tinggal hasil dari ecobrik juga digunakan untuk dinding pembatas, bahkan ada yang dijadikan tempat duduk dan meja. Jadi dari sampah yang dimasukan pelastik ini banyak sekali yang dapat digunakan bagi kesejahtraan manusia (https://kaltimtoday.co/5-desain-ecobrick-ini-wajib-kamu-coba-bisa-untuk-bikin-panggung).  Manfaat lainya dai ecobrik ini adalah membuka lapangan pekerjaan bagi Masyarakat, ini menunjukan bila dimanfaatkan secara serius maka berpotensi untuk melahirkan interprener baru dalam bidang persampahan. Ecobrik juga dapat dilakukan dalam skala rumah tangga, karena bahan yang digunakan banyak terdapat di dalam rumah sehingga bisa dikerjakan bersama keluarga. Manfaat lainnya adalah pembuatan ecobrik merupakan sarana belajar bagi anak anak di rumah.
Ada beberapa langkah yang penulis lakukan, saat membuat ecobrik ini. Langkah langkah tersebut adalah 1) penulis mencari botol bekas untuk wadah sampah lainnya, 2) setelah mendapatkan botol bekas, penulis mengisi botol bekas terssebut dengan menggunting kecil kecil sampah pelastik dan kertas, 3) setelah penuh sampah di dalam botol tersrbut dipadatkan sehingga botol menjadi keras.


 

Hambatan dalam proses pembuatan ini adalah ketelatenan, karena butuh waktu untuk memotong sampah sampah menjadi kecil. Selain itu proses pemadatan juga membutuhkan tenaga ekstra. Untuk mengatasi masalah ini, maka diperlukan alat yang tajam yang dapat memotong sampah dalam waktu singkat. Dan untuk pemadatan memerlukan kayu yang sudah didesain sesuai ukuran botol tersebut.


Daftar Pustaka

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7169965/ecobrick-adalah-sejarah-manfaat-cara-membuat-kelebihan-dan-kekurangan).

 (https://kaltimtoday.co/5-desain-ecobrick-ini-wajib-kamu-coba-bisa-untuk-bikin-panggung)

 


0 komentar:

Posting Komentar