3.5.24

ESSAY 2_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH KELVIN ARYUDI


 PSIKOLOGI LINGKUNGAN

“Berjalan sambil memungut sampah”

Essai 2


Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta


Nama : Kelvin Aryudi

Nim : 22310410168

Kelas : SP




    Plogging atau lari laun pungut adalah kombinasi dari lari laun dengan memungut sampah yang berserakan (gabungan dari kata dalam Bahasa Swedia plocka upp (mengambil) dan jogga (berlari pelan) memberikan kata kerja Swedia baru plogga, dari mana kata plogging berasal).Ini dimulai sebagai kegiatan terorganisir di Swedia sekitar tahun 2016 dan menyebar ke negara lain pada tahun 2018, menyusul meningkatnya kekhawatiran tentang polusi plastik


Plogging 1

Kegiatan Plogging pertama saya lakukan jogging pada Selasa tanggal 30 April 2024 pukul 15.30 Sore. Di Lapangan Stadion Sultan Agung. Tempat tersebut pada sore hari sering ramai oleh anak-anak dan remaja yang bermain dan berolahraga.Perjalanan dari rumah hingga stadion saya sembari memungut beberapa sampah dipinggir jalan yang saya lewati.


Plogging 2

Plogging kedua saya lakukan jogging pada Selasa tanggal 1 Mei 2024 Pada Pukul 16.00 Sore di jalanan sekitar desa saya lebih tepatnya di kecamatan jetis. Tempat tersebut merupakan jalan pembatas antar desa yang terdapat sampah dari para petani yang bekerja di sawah mereka seperti botol minuman bekas,plastik makanan dan plastik pupuk.



Kesimpulan dari hasil plogging merupakan salah satu cara yang inovatif dan bermanfaat untuk berolahraga sambil menjaga kelestarian lingkungan. Ini menggabungkan kesehatan fisik dengan kepedulian terhadap lingkungan sekitar kita, dan dapat menjadi bagian dari upaya bersama untuk menjaga keindahan alam dan mengurangi dampak sampah plastik.


0 komentar:

Posting Komentar