3.5.24

ESSAY 1_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH IBRAR LANEGA PRATAMA

  

MERINGKAS JURNAL TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH

Tugas Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, M.A



 

 

 

 

Nama : Ibrar Lanega Pratama ( 22310410138 )

Kelas : SP

 

 

TOPIK

SAMPAH DAN PERILAKU

Sumber

Yulida, N., Suwarni, A., & Sarto, S. (2016). Perilaku masyarakat dalam membuang sampah di aliran sungai batang bakarek-karek Kota Padang Panjang Sumatera Barat. Berita Kedokteran Masyarakat, 32(10), 373-378. https://doi.org/10.22146/bkm.7298

Permasalahan

-          Jurnal ini membahas permasalahan sampah dan perilaku masyarakat terkait lingkungan. Contohnya, Kota Padang Panjang mengalami kerusakan serius pada Daerah Aliran Sungai (DAS) seperti Sungai Batang Bakarek-Karek, yang mengakibatkan pencemaran air dan masalah kesehatan bagi masyarakat sepanjang sungai, seperti dermatitis.

Tujuan Penelitian

-          Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku masyarakat yang tinggal di sekitar sungai Batang Bakarek-Karek dalam membuang sampah mereka, termasuk pengetahuan, sikap, infrastruktur, dan implementasi kebijakan pemerintah di Padang Panjang, Sumatera Barat.

Isi

-          Kebersihan lingkungan merupakan salah satu indikator penting kualitas hidup masyarakat dan telah menjadi fokus upaya perbaikan lingkungan hidup di sebagian besar daerah dan kota di Indonesia.

-          Pengelolaan sampah di lingkungan pemukiman merupakan salah satu aspek yang mempunyai dampak besar terhadap peningkatan kualitas lingkungan, karena sampah merupakan permasalahan utama hampir di seluruh wilayah perkotaan di Indonesia.

-          Pencemaran dapat menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan hidup, termasuk manusia.

-          Di Kota Padang Panjang, sebagian daerah aliran sungai, termasuk Sungai Batang Bakarek-Karek, mengalami kerusakan fisik, biologi, kimia, dan ekologi, meskipun sungai-sungai ini penting bagi perairan kota tersebut.

-          Kualitas air Sungai Batang Bakarek-Karek tercemar sehingga menyebabkan banyak kasus dermatitis pada masyarakat yang tinggal di sepanjang sungai.

 

Metode

-          Jenis penelitian ini adalah survei dengan desain cross-sectional.

-          Subjek penelitian terdiri dari 118 Kepala keluarga yang tinggal di DAS Batang Bakarek-Karek.

-          Teknik pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling.

-          Variabel bebas : pengetahuan, sikap, sarana, dan implementasi kebijakan, sedangkan variabel terikat : perilaku masyarakat dalam membuang sampah.

-          Instrumen kuesioner, dan pengambilan data dilakukan melalui wawancara.

-          Analisis data: uji statistik chi-square, analisis multivariabel menggunakan regresi logistik pada tingkat signifikansi α=0,05.

Hasil

-          Hasil uji multivariabel menunjukkan bahwa pengetahuan, sikap, sarana, dan implementasi kebijakan yang baik berpengaruh terhadap perilaku masyarakat.

-          Subjek dengan pengetahuan baik memiliki peluang perilaku baik dalam membuang sampah 9,53 kali lebih tinggi daripada subjek dengan pengetahuan kurang.

-          Sikap yang baik meningkatkan peluang perilaku baik sebesar 4,6 kali dibandingkan dengan sikap yang kurang baik.

-          Ketersediaan sarana yang baik meningkatkan perilaku membuang sampah sebanyak 6,87 kali dibandingkan dengan ketersediaan sarana yang kurang baik.

-          Implementasi kebijakan yang baik meningkatkan perilaku membuang sampah sebanyak 7,65 kali dibandingkan dengan implementasi kebijakan yang kurang baik.

Diskusi

-          Pengetahuan, hasil dari penginderaan terhadap suatu objek, mempengaruhi perilaku masyarakat dalam membuang sampah. Tingkat pengetahuan yang lebih tinggi berhubungan dengan perilaku yang lebih baik dalam pengelolaan sampah.

-          Penyediaan informasi berkelanjutan diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang perilaku membuang sampah.

-          Sikap yang baik terhadap pengelolaan sampah berkaitan dengan perilaku membuang sampah yang lebih baik, karena sikap adalah respons terhadap suatu stimulus atau objek.

-          Penyuluhan mengenai pengelolaan sampah dan bahayanya bagi kesehatan dan lingkungan penting untuk membentuk sikap yang positif terhadap perilaku membuang sampah.

 


0 komentar:

Posting Komentar