3.5.24

ESSAY 1_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH BAGUS WIJAYA

 

Meringkas Jurnal “Pengelolaan Sampah dari Lingkup Terkecil dan Pemberdayaan Masyarakat sebagai bentuk Tindakan peduli Lingkungan”

Disusun Guna Memenuhi Tugas

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu:

Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 

Disusun Oleh :

Bagus Wijaya / 22310410149

 

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

2023


 

Dalam Jurnal yang berjudul “Pengelolaan Sampah dari Lingkup Terkecil dan Pemberdayaan Masyarakat sebagai Bentuk Tindakan Peduli Lingkungan” membahas tentang masalah darurat sampah plastik di Indonesia dengan fokus pada Tindakan dari lingkup terkecil, yaitu sampah dari rumah tangga. Indonesia sebagai penyumbang sampah plastik terbesar kedua di Dunia setelah Cina memunculkan ungkapan darurat sampah plastik di Indonesia. Pemahaman tentang sampah dari jenis, sumber, dan bentuknya sangat perlu untuk di sosialisasikan. Penulis menyoroti pentingnya Tindakan Preventif dan edukasi dalam pengelolaan sampah untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan mengurangi dampak negatifnya. Salah satu Langkah yang disorot adalah membudayakan konsep 5R ( reuse, reduce, recycle, replace, repair ) dalam membangkitkan Kembali semangat peduli lingkungan dan pengelolaan sampah secara sederhana pada Tingkat rumah tangga. Sebagai perantara awal adalah dalam lingkup terkecil yaitu keluarga dalam wilayah desa.

Pemberdayaan Masyarakat khususnya melalui keluarga di desa dengan melibatkan PKK Desa, dianggap sebagai Langkah penting dalam mengubah perilaku dan pola  pikir terkait pengelolaan sampah. Edukasi tentang pengelolaan sampah merupakan kunci utama dalam merangsang kreativitas dan inovasi dalam mengelola sampah secara lebih efektif dan berdaya guna. Selain pemberdayaan, pengetahuan tentang sahpah akan memunculkan kreativitas pada pengelolanya agar sampah yang dimaksud menjadi sesuatu yang dapat berdaya guna dan memberikan keuntungan. Dengan melibatkan Masyarakat secara aktif diharapkan dapat menciptakan kesadaran kolektif tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mengelola sampah dengan baik. Hal ini juga akan berdampak pada proses lanjutan pengelolaan daur ulang sampah pada fase berikutnya dan pada akhirnya akan berdampak pula pada penekanan atau pengendalian sampah secara lebih luas dalam berbagai lapisan kehidupan Masyarakat.

Jurnal ini juga menekankan pentingnya peran individu dan kelompok Masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan serta mengurangi masalah sampah. Dengan adanya Upaya pemberdayaan Masyarakat dan sosialisasi konsep pengelolaan sampah yang baik diharapkan dapat terbentuk budaya peduli lingkungan dan berkelanjutan dan juga berdampak positif bagi lingkungan serta Kesehatan Masyarakat. Melalui Tindakan yang nyata dan kolaborasi antara pemerintah, Masyarakat, dan stakeholder terkait diharapkan dapat tercipta Solusi yang holistik dalam mengatasi permasalahan sampah dan menciptakan lingkungan yang bersih dan Lestari.

 

 

Daftar Pustaka

 

JURNAL BALI MEMBANGUN BALI Volume 1 Nomor 1, April 2020

 e-ISSN 2722-2462 p-ISSN 2722-2454 http://ejournal.baliprov.go.id/


0 komentar:

Posting Komentar