21.4.24

Esai 2 - Meringkas Jurnal Work Performance

 Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi


Tugas : Esai 2 Meringkas Jurnal Work Performance

Meringkas Jurnal : Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT.XYZ

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA




Amelia Natasya Rivani (23310410086)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45



Topik

Motivasi kerja dan peningkatan kinerja karyawan,

Sumber

Falah, A. M., & Ayuningtias, H. G. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Xyz. Jurnal Mitra Manajemen4(6), 990-1001.

Permasalahan

Permasalahan yang dibahas dalam jurnal tersebut adalah penurunan kinerja karyawan di PT. XYZ serta pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di perusahaan tersebut

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di PT. XYZ serta memberikan informasi yang berguna bagi manajemen perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan.

Isi

Motivasi kerja PT. XYZ termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 77.5%. Pada penelitian dimensi kebutuhan kekuasaan memiliki presentase tertinggi dengan presentase sebesar 78. 7% yang memiliki arti bahwa karyawan PT. XYZ memiliki keinginan untuk memengaruhi, melatih, mengajar atau menyemangati orang lain untuk berprestasi. Kinerja Karyawan PT. XYZ termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 77.3%. Pada penelitian dimensi task performance memiliki presentase Alisha Maisan Falah 1) , Hani Gita Ayuningtias 2) 1000 JMM Online Vol. 4 No. 6 Juni (2020) 990-1001 tertinggi dengan presentase sebesar 77.7% yang memiliki arti bahwa karyawan PT. XYZ banyak menggunakan kemampuan kognitif seperti pengetahuan tugas, baik secara teknis maupun prinsip-prinsip yang diperlukan, keterampilan tugas dan kebiasaan tugas. Motivasi Kerja berpengaruh secara signifikan positif terhadap kinerja karyawan PT. XYZ, dengan besaran kontribusi pengaruhnya sebesar 31.0%. Hal ini memiliki makna semakin tinggi motivasi kerja maka semakin tinggi kinerja karyawan PT. XYZ.

Metode

Metode penelitian yang digunakan dalam jurnal tersebut adalah metode kuantitatif. Metode kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data dengan instrument penelitian, menganalisis data secara kuantitatif/statistik, dan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode kuisioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan variabel motivasi kerja dan kinerja karyawan.

Hasil

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. XYZ, dengan besaran pengaruh sebesar 31%. Hal ini menunjukkan pentingnya motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan tersebut.

Diskusi

Jurnal tersebut menunjukkan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. XYZ. Perusahaan disarankan untuk meningkatkan program penghargaan atau reward kepada karyawan guna lebih meningkatkan kinerja mereka. Data kehadiran dan keterlambatan karyawan juga menunjukkan adanya karyawan dengan motivasi rendah, sehingga penting bagi perusahaan untuk memperhatikan motivasi kerja karyawan demi meningkatkan kinerja mereka. salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja adalah motivasi. Perusahaan harus dapat meningkatkan motivasi karyawan karena motivasi karyawan dapat berdampak pada pencapaian tujuan perusahaan. Karyawan yang termotivasi untuk memuaskan kebutuhannya akan pekerjaan membuat karyawan lebih keras dan dampaknya pada kinerja yang dihasilkan menjadi lebih optimal. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan dengan menambah variabel terkait kinerja karyawan dan menggunakan referensi yang relevan dalam bidang manajemen sumber daya manusia dan perilaku organisasi.


0 komentar:

Posting Komentar