24.3.24

Tugas Essay 2 Meringkas Jurnal

 Mata Kuliah  : Psikologi Industri dan Organisasi

Tugas : Esai 2 Meringkas Jurnal

Meringkas Jurnal  : PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERUSAHAAN PT BEKAERT INDONESIA KARAWANG

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA 

 

SITI RAFIDA  (23310410088)

Fakultas. : PSIKOLOGI

 UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

Topik

Motivasi kerja, kinerja karyawan, penelitian kualitatif

Sumber

Suparman, D. R., Jajang, D., & Wahyudin, S. H. G. (2023). Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan PT Bekaert Indonesia Karawang. Bisma: Jurnal Manajemen, 9(1), 47- 53.

Permasalahan

Ini menunjukkan adanya penurunan motivasi pada karyawan perusahaan. Ini bisa diakibatkan oleh target kerja yang berlebihan, apresiasi yang kurang dari perusahaan, dan kerja sama yang buruk antar tim dalam divisi kerja.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang dimiliki oleh motivasi terhadap kinerja karyawan yang ada di PT BEKART Indonesia Karawang.

Isi

Berdasarkan isi jurnal memperoleh hasil bahwa motivasi yang ada di seorang karyawan dalam melakukan pekerjaan sangat berpengaruh terhadap kinerja yang mereka hasilkan dalam melakukan pekerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan pada karyawan di perusahaan manufaktur PT Bekaert Indonesia Karawang.

Metode

·       Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menggunakan Teknik analisis Deskriptif dan analisis verifikatif karena dianggap dapat menjelaskan secara rinci dan memperoleh hasil yang maksimal.

·       Subjek penelitian adalah 60 orang jumlah responden. 

·       Metode pengambilan informasi menggunakan kuesioner dengan skala original, dimana skala pertama berupa STS (Sangat Tidak Setuju=1), skala kedua berupa TS (Tidak Setuju= 2), skala ketiga berupa KS (Kurang Setuju= 3), skala keempat berupa S (Setuju= 4), dan skala kelima berupa SS (Sangat Setuju= 5).

Hasil

·       Pada kategori kinerja karyawan diketahui bahwa nilai paling kecil (min) dari kinerja karyawan pada karyawan di PT. Bekaert Indonesia Karawang adalah 46 dan paling besar (maksimal) yang didapatkan oleh kinerja karyawan adalah 60. Selanjutnya adalah mean kinerja karyawan adalah dengan standar deviasi yang diperoleh sebesar 54,9667. Skor ini termasuk ke dalam rentang skala yang termasuk dalam kategori baik.

·       Motivasi yang ada dari individu karyawan disebabkan oleh kebutuhan yang menjadi dasar timbulnya. Motivasi dalam diri seorang karyawan di perusahaan.

Diskusi

·       Motivasi yang ada di seorang karyawan dalam melakukan pekerjaan sangat berpengaruh terhadap kinerja yang mereka hasilkan dalam melakukan pekerjaan.

·       Peneliti memberikan saran terhadap upaya yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam peningkatan motivasi karyawan oleh perusahaan, yaitu: (a) memberikan suatu kebutuhan yang menjadi motivasi bagi karyawan berupa kenaikan gaji atau jabatan jika karyawan mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan, dapat berupa memberikan kenaikan gaji atau jabatan bagi karyawan yang memiliki kinerja baik sepanjang tahun, (b) meningkatkan semangat karyawan melalui peningkatan hubungan antar tim dengan membangun kerja sama antar karyawan, dan (c) memberikan peluang bagi karyawan untuk berkembang di perusahaan dengan menyediakan beragam pelatihan yang bermanfaat di pekerjaan yang dijalankan oleh karyawan di perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar