27.12.23

Psikologi Inovasi Eassay 6 Melakukan Perubahan Diri_IKE PRASETYANI_22310420127

 

KONSISTEN OLAH RAGA GYM FITNESS

UNTUK KESEHATAN JIWA RAGA

Psikologi Inovasi

Eassay 6 Melakukan Perubahan Diri

Pengampu : Dr.Dra. Arundati Shinta MA

IKE PRASETYANI

NIM : 22310420127

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

Olahraga merupakan hal yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Olah raga penting bagi anak, remaja, dewasa bahkan orang yang sudah lanjut usai. Manfaat olahraga bagi kesehatan jelas sangat banyak dan bisa dirasakan oleh setiap orang. Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang untuk bisa membuat tubuhnya tetap sehat dan bugar. Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Pentingnya olahraga bagi tubuh dapat diilustrasikan seperti mesin yang tidak pernah digunakan/digerakkan. Lambat laun, bagian-bagian dari mesin akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bergerak/bekerja. Demikian pula tubuh, jika kurang gerak, tubuh akan menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan berolahraga, tidak hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun akan bekerja menjadi lebih baik. Manfaat olahraga adalah meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kolestrol, mengurangi stres, membakar lemak, meningkatkan imunitas dan mencegah sakit, meningkatkan fungsi otak dan masih banyak lagi.

Saya menyukai olahraga karena memang berkesadaran untuk menjalankan pola hidup sehat, agar sehat jiwa raga, tubuh makin bugar, menjaga imunitas, sebagai healing dan penyeimbang rutinitas kerja yang padat. Saya suka olah raga seperti renang, jogging, lari, aerobik, yoga, badminton, dll. Saya selama ini sudah rajin jogging, tetapi saya akan menambah melakukan perubahan diri dengan konsisten berolahraga Gym & Fitness selama 8 minggu berturut-turut. Menurut ahli olah raga Gym & Fitness bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang, membantu menurunkan berat badan, menurunkan tingkat stres, meningkatkan energi dan meningkatkan masa otot.

Saya melakukan olah raga Gym Fitness di World Fit Sleman City Mall Lnt. 2 seminggu 2 kali. Tiap hari Senin dan Kamis jam 17.00 – 19.00. Saya mulai sejak  1 Oktober – 1 Desember 2023 Alat angkat berat yang saya gunakan ada berbagai macam jenis yang fungsinya untuk melatih otot bahu, dada, kaki, punggung dan lengan. Pada latihan di minggu pertama saya memakai berat. Berikut adalah tabel progres angkat berat yang saya lakukan dalam periode waktu 8 minggu dengan berat beban (kilogram).

Minggu

Berat (kg)


1

2,5

2

4

3

5

4

7,5

5

10

6

12,5

7

15

8

17,5


Saya mengalami peningkatan kemampuan untuk mengangkat beban. Yang semula awal minggu pertama hanya bisa mengangkat beban barble 2,5 kilogram, minggu kedua bisa mencapai 4 kilogram, minggu ketiga 5 kilogram, minggu keempat 7,5 kilogram, minggu kelima 10 kilogram, minggu keenam sudah 12,5 kilogram, minggu ketujuh mencapai 15 kilogram dan minggu kedelapan mencapai 17,5 kilogram. Hal ini sangat membanggakan diri saya, karena ternyata tubuh ketika diolah dan dilatih konsisten secara kemmpuan akan meningkat. Dampak di badan saya juga menjadi makin kuat secara fisik, makin bugar, imunitas makin kuat, dan bderat tubuh saya yang semula 60 kilogram, setelah 8 minggu menjalankan pola konsisten olahraga Gym Fitness menjadi 57 kilogram. Program perubahan diri ini sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas kehidupan dan kesehatan, jika kita lakukan secara konsisten dan bersungguh-sungguh.

0 komentar:

Posting Komentar