27.12.23

KEGIATAN PERUBAHAN DIRI DENGAN CARA BEROLAHRAGA

 

ESSAY 6 PERUBAHAN DIRI

PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

Nama :Ade Diah Palupi

NIM : 21310410081

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


PERUBAHAN DIRI DENGAN BEROLAHRAGA ”LARI” SELAMA 8 MINGGU

Perubahan merupakan sautu hal yang terjadi pada diri seseorang baik secara sadar atau tida yang mana perubahan yang terjadi pada setiap orang bisa hal yang positif atau hal yang negatif.Dapat di artikan jugaPerubahan diri adalah sebuah proses dimana seorang individu melakukan suatu hal yang baru dalam dirinya, hal kebanyakan dicondongkan dalam perubahan diri adalah hal positif .Bagaimana Individu tersebut dapat membuat perubahan dalam dirinya menjadi lebih baik.

Untuk perubahan diri saya memilih olahraga lari karena lari memiliki segudang manfaat bagi Kesehatan tubuh di antara nya

·         Menyehatkan Jantung Manfaat  lari yang pertama tentu saja menjaga kesehatan jantung dan memperbaiki pembuluh darah. Setiap kali Anda melangkah, Anda memberikan banyak tekanan tidak hanya pada otot kaki Anda, tetapi juga  otot jantung Anda. Berlari secara teratur berarti jantung Anda terlatih secara efektif  untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda dengan lebih efisien.

·         Sirkulasi darah yang baik mengurangi risiko penyakit jantung dengan  menjaga kesehatan  fungsi kardiovaskular, menurunkan  kolesterol jahat, dan meningkatkan  kolesterol baik.

·         Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang Belakang dan Otot Manfaat lari yang kedua adalah dapat meningkatkan kesehatan tulang belakang dan otot.

·         Dapat Mengurangi Stres dan Meningkatkan Mood Manfaat  lari bagi kesehatan dan kebugaran  yang ketiga adalah dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood.

·         Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur Selain  menjaga kesehatan fisik dan mental, lari juga memiliki manfaat lain yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

  Oleh karena itu, setiap langkah  yang Anda ambil bukan hanya jalan menuju kebugaran jasmani, tetapi juga kunci  tidur malam yang  nyenyak dan  bangun dengan  segar setiap pagi.

 

Di bawah ini adalah tabel progres kegiatan olahraga lari yang saya lakukan dalam 8 minggu

M

1

2

3

4

5

6

7

8

W

30

35

35

35

40

43

55

60

J

2,2km

2,5km

3,4km

3,5km

3,8km

4km

5,1km

6km

Tabel 1. Laporan kemajuan kegiatan berlari

Keterangan :

M : Waktu dalam minggu

W : Waktu dalam menit

J : Jumlah jarak

 



Grafik 1. Laporan kemajuan kegiatan berlari

Dalam kegiatan perubahan diri dalam 8 minggu ini saya merasakan banyak perubahan yang terjadi di keseharian saya ,tubuh saya menjadi lebih segar,tidak mudah lelh dan turun nya berar badan saya,saya berharap kegiatan perubahan ini dapat saya laksanakan dengan rutin dan menjadi kebiasaan baru bagi saya.

DAFTAR PUSTAKA

Panjaitan, N. H., & Aslami, N. (2022). Manajemen Perubahan dalam Mengelola Perubahan diri pada

Mahasiswa dan Perguruan Tinggi. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen2(1), 2170-2177.


0 komentar:

Posting Komentar