20.12.23

Essay prestasi partisipasi menjaga kebersihan lingkungan masjid


Essay prestasi partisipasi menjaga kebersihan lingkungan masjid

Psikologi inovasi

Oleh:

Nia Zulkhaini

(21310410097)

Kelas Reguler

Dosen pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Lingkungan tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia yang berarti secara alamiah manusia dalam kehidupan sehari-hari selalu berinteraksi dengan lingkungan. lingkungan yang bersih merupakan dambaan setiap manusia, yang berarti lingkungan bersih merupakan menciptakan lingkungan yang sehat dan seseorang yang berada dalam lingkungan tersebut merasa nyaman dan aman. Manusia dengan lingkungan hidup saling berdampingan yaitu manusia dapat mempengarhi lingkungan dan sebaliknya kondisi lingkungan dapat mempengaruhi manusia yang berada dalam lingkungan tersebut. Seluruh manusia memiliki kewajiban untuk menjaga dan mengelola kebersihan lingkungan agar dapat mendukung kehidupan dalam sehari-hari.

Masjid merupakan tempat ibadah umat beragama islam yang perlu dijaga kebersihan lingkunganannya  demi menciptakan kenyamaan beribadah dan membuat para masyarakat lebih rajin melaksanakan sholat berjamaah. Selain perlunya menjaga kebersihan demi kesehatan, kebersihan secara agama islam juga merupakan sebagian dari iman. Setiap tempat ibadah pasti sudah memiliki satu atau lebih orang yang menjaga kebersihan tempat ibadah tersebut tak terkecuali masjid dengan marbot yang bertugas untuk membersihkan lingkungan masjid. Namu sebagai masyarakat yang beragama dan sebagai makhluk sosial perlu adanya partisipasi untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar masjid.

Bentuk partisipasi yang dilakukan untuk membantu menjaga kebersihan lingkungan masjid yaitu melakukan kegiatan kebersihan masjid dimulai dari membersihkan arena tempat wudhu dan kamar mandi baik kamar mandi putra maupun putri, kemudian dilanjutkan merapikan mukena pada tempatnya serta merapikan buku-buku islami dan kitab suci Alqur’an. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari minggu, 17 Desember 2023, dimulai pada pukul 18.10 sampai dengan pukul 21.00. kegiatan tersebut berlangsung pada salah satu masjid yang berada pada daerah Sambilegi Kidul, Maguwoharjo Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan partisipasi tersebut tentunya menciptakan suatu kebanggaan dalam diri karena mampu menciptakan contoh kebaikan bagi masyarakat lain terutama pada generasi muda yang memang harus selalu berinteraksi dan memberikan pelayanan pada masyarakat.



Referensi:

Khairunnisa., Ilham, S. J., Nurhasanah., Nurul, K. D., Heri, H. S., & Tri, L. W. 2019. kampanye kebersihan lingkungan melalui program kerja bakti membangun desa di lombok utara. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 2 (2), 230-234.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kebersihan+lingkungan+masjid&btnG=#d=gs_qabs&t=1703085301383&u=%23p%3DQNK6VLgOrKsJ (Diakses pada 20 Desember 2023, Pukul 22.00 WIB).

 

Wati, F., Aiswan, U. A., Marsel, N., & Elias, B. (2020). Bakti sosial pembersihan lingkungan masjid jami’ at- taqwa onekore dalam rangka panca windu universitas flores ke-40 Tahun 2020. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1 (1), 11-19. https://doi.org/10.37478/mahajana.v1i1.713

 

0 komentar:

Posting Komentar