24.12.23

ESSAY PARTISIPASI LOMBA


PARTISIPASI LOMBA PUISI UNTUK MENINGKATKAN MINAT LITERASI PADA MAHASISWA

AGUNG SUTRISNO

NIM : 21310410149

Kelas : PSIKOLOGI S-J

Dosen Pengampu : Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2023


 

Puisi adalah bentuk ekspresi artistik yang menggunakan kata-kata untuk menyampaikan perasaan, gagasan, atau pengalaman dalam gaya linguistik yang unik. Puisi memiliki struktur yang berbeda dengan prosa, sering kali menggunakan ritme, rima, dan penempatan kata yang dipilih dengan cermat untuk menciptakan efek artistik. Puisi dapat menggambarkan keindahan alam, mencerminkan kehidupan sehari-hari, menyampaikan perasaan cinta atau kehilangan, atau bahkan menggambarkan pandangan dunia pengarangnya. Puisi menawarkan kebebasan berkreasi, memungkinkan setiap pembaca  menafsirkan maknanya dengan cara berbeda. Bentuk puisi yang  umum meliputi soneta, sajak, haiku, atau sajak bebas, yang tidak terikat oleh aturan formal tertentu. Puisi adalah cara untuk merayakan keindahan bahasa, menyampaikan emosi yang mendalam, dan menciptakan gambaran yang tak terlupakan. Menurut Zahra (dalam James) Puisi merupakan ungkapan bahasa yang memiliki karya serta daya pikat sendiri.

Dalam hal ini, penulis mencoba mengikuti lomba dengan tujuan untuk memenuhi tugas essay partisipasi lomba. Lomba dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2023, dan pengumuman lomba dilaksanakan pada tangal 16 Desember 2023. Kompetisi puisi adalah kontes di mana penyair berpartisipasi untuk memamerkan karyanya dan bersaing untuk mendapatkan penghargaan dan hadiah tertentu. Lomba puisi dapat disponsori oleh berbagai lembaga dan organisasi, seperti lembaga pendidikan, penerbit, komunitas sastra, bahkan pemerintah. Peserta lomba puisi biasanya diwajibkan mengirimkan karya puisi asli  sesuai  tema dan aturan yang ditetapkan penyelenggara. Para juri kemudian mengevaluasi karya berdasarkan kriteria tertentu, seperti kreativitas, penggunaan bahasa, penyampaian pesan, dan  gaya penulisan yang unik. Lomba puisi dapat menjadi ajang bagi para penyair untuk mendapatkan pengakuan, memperluas jaringan, dan memotivasi mereka untuk lebih mengembangkan bakat menulisnya. Selain itu, lomba puisi  dapat menjadi ajang untuk meningkatkan apresiasi terhadap seni puisi dan menghasilkan karya yang berkualitas. Jika tertarik untuk mengikuti lomba puisi, caranya adalajh dengan mencari tahu tentang lomba yang  diadakan oleh lembaga sastra, penerbit, dan lembaga kebudayaan di daerah. Beberapa kompetisi puisi terkenal  diadakan secara nasional dan internasional.

Tema puisi yang sudah ditentukan oleh panitia adalah tentang “Kangen”. Penulis membuat puisi dengan judul “Ku Kira Aku Rindu”, dimana puisi tersebut berisi tentang kerinduan pada sosok seorang Ibu yang sudah meninggal dunia. Lomba puisi diadakan oleh salah satu akun instagram @satramediapustaka.

Referensi

                            Zahara, S. F. (2023). MODELING THE WAY DALAM PUISI. Penerbit Tahta Media.

0 komentar:

Posting Komentar