28.12.23

Essay 6 : Perubahan Diri Psikologi Inovasi

 

         

 

Essay 6 : Perubahan Diri

 Psikologi Inovasi

 

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A

Bagus Kuncoro/21310410018

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 



        Perubahan diri, merupakan suatu perubahan yang terjadi pada diri seseorang dan bisa saja sangat berbeda dari dia yang sebelumnya. Suatu perubahan diri kebanyakan dicondongkan dalam hal positif, bagaimana Individu tersebut dapat membuat perubahan dalam dirinya menjadi lebih baik untuk kedepan.

 Menarik pembahasan pada perubahan diri dari segi personality dan mind set. Untuk mengubah itu memang tidak  mudah, biasanya kita harus mendapatkan suatu masalah terlebih dahulu baru kita bisa belajar merubah jadi lebih baik. Perubahan diri juga persoalan bagaimana seorang itu membuat proses dalam dirinya untuk membuat perilaku baru dalam kehidupan nya sehari-hari dari yang sebelumnya. Perilaku itu bisa saja di kurangi dari kehidupan nya sebelum nya atau ditambah perilaku baru dalam kehidupan nya.

 Sampai sekarang saya masih juga belajar untuk mengubah diri menjadi lebih baik, dengan cara  selalu evaluasi tiap punya masalah, waktu mendapatkan problem solving itu  membuat kita belajar. Nanti akan ketemu solusi untuk diri untuk kedepannya. Karna kita akan selalu mendapat permasalahan hidup, jadi setelahnya bisa jadi pedoman apa yg harus aku lakukan.

Dalam hal ini untuk memenuhi tugas psikologi inovasi adalah salah satu bentuk sederhana merubah diri dari kebiasaan yang kurang baik menjadi lebih baik.  Inovasi untuk merubah diri yang saya ambil adalah melakukan kegiatan olahraga lari selama 8 minggu berturut tanpa terputus. Saat pertama saya ragu apakah mampu atau ada pikiran semacam berat sekali, tapi jujur terkadang memang kita perlu untuk dipaksa pada suatu hal baru tergerak untuk melakukan.

Tabel . Perubahan Diri

M

1

2

3

4

5

6

7

8

W

60

60

60

60

65

65

65

70

J

3

3

              3

              3

         3,5

         3,5

          3,5

            4

 








 

0 komentar:

Posting Komentar