29.12.23

BERPARTISIPASI DALAM PERLOMBAAN SEBAGAI AJANG UNTUK MENGGALI POTENSI DIRI DAN MERANCANG KEBERUNTUNGAN




PSIKOLOGI INOVASI (Essay 5)

Semester Ganjil T.A 2023/2024

Oleh :

Anisa Zakiatun Nufus (21310410083)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

 

          Didalam proses kehidupan, setiap individu tentunya memiliki potensi dirinya masing-masing. Potensi berasal dari bahasa Inggris yaitu potency, potential dan potentiality. Masing-masing kata tersebut mempunyai arti tersendiri. Kata potency yang berarti kekuatan, daya, tenaga dan kemampuan. Kemudian kata potential memiliki arti kemampuan yang terpendam dan memiliki kemungkinan untuk bisa dikembangkan serta dapat menjadi aktual. Sedangkan kata potentiality berarti karakteristik atau ciri khas dari suatu kemampuan, daya atau kekuatan bertingkah laku untuk masa mendatang yang dilakukan dengan cara tertentu yang dimiliki oleh seseorang. Untuk mengetahui dan menemukan potensi yang dimiliki, individu harus memiliki niat untuk mau mencoba hal baru untuk mengenali minat serta ketrampilan dirinya. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menemukan potensi diri adalah dengan mengikuti sebuah perlombaan. Menurut saya, mengikuti lomba akan memberikan kesempatan untuk diri kita mengidentifikasi keahlian yang kita miliki. Seringkali, kita terperangkap dalam rutinitas sehari-hari yang membuat kita lupa dengan kelebihan dan bakat yang kita miliki. Dengan mengikuti lomba kita bisa melihat potensi tersembunyi yang ada didalam diri kita. Semakin sering mengikuti suatu perlombaan, membuat saya makin mengenali keampuan yang saya miliki serta memperbesar peluang saya dalam merancang sebuah keberuntungan yaitu memenangkan perlombaan tersebut.

          Menurut saya, keberuntungan merupakan sesuatu yang bisa kita rancang, menurut Richard Wiseman, dalam bukunya yang berjudul The Luck Factor, ada 4 hal dasar yang membuat orang beruntung, yaitu:

1.     Mau memaksimalkan setiap kesempatan

Dengan  berani mencoba dan tidak ingin menyerah lebih cepat karena yakin bahwa ada sesuatu yang menarik untuk ditemukan dengan cara berjuang sedikit lebih keras.

2.     Mau mendengarkan intuisi

Percaya pada perasaan dan naluri agar lebih tenang dalam mengambil keputusan dan dapat melihat banyak kemungkinan yang dapat terjadi

3.     Selalu optimis

Dengan percaya pada kesempatan yang lebih baik di percobaan selanjutnya

4.     Melihat kebaikan dalam setiap hal

Selalu mengambil sisi positif sekalipun saat berada dalam kondisi yang tidak menyenangkan

Dalam mengikuti lomba, saya menekankan pada prinsip pertama, yakni memaksimalkan kesempatan. Yaitu dengan memperbanyak berada pada situasi dengan probabilitas yang tinggi, saya yakin keberuntungan bisa diraih.

Dalam rangka menggali potensi dan merancang keberuntungan, saya mengikuti dua perlombaan yang sama, yakni membuat poster infografis. Salah satu alasan mengapa saya mengikuti lomba membuat poster infografis dalah karena saya menyadari bahwa saya bisa menggoperasikan aplikasi pengeditan serta membuat desain, tetapi belum  dikembangkan dengan maksimal. Lewat lomba ini, saya ingin menggali dan mengembangkan potensi saya dalam bidang desain dan editing. Saya mengikuti lomba yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Universitas Pamulang dengan tema “Seni Digital: Budaya Kreativitas Generasi Z”. Serta lomba yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Departemen Teknologi Hayati dan Veteriner Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada dengan tema “Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Era Society 5.0”

Walaupun belum berhasil menjadi pemenang, saya senang karena berhasil menchallenge diri saya sendiri untuk keluar dari zona nyaman serta mau untuk menggali potensi saya dalam bidang desain dan editing, saya juga senang karena poster infografis yang saya buat dipublikasikan sehingga bisa bermanfaat bagi orang lain yang melihat informasi yang ada didalamnya. Pengalaman ini akan menjadi bahan evaluasi saya kedepannya untuk terus berlajar dan mempersiapkan diri lebih baik lagi dalam mengikuti perlombaan agar saya dapat menggali potensi diri saya dengan maksimal serta dapat merancang keberuntungan saya, yakni memenangkan perlombaan yang saya ikuti.  




Referensi:

Chaplin, James P. (2011). Kamus Psikologi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kartono, K., & Gali, G. (2000). Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya.

Wiseman, R. J. (2003). The Luck Factor: Change Your Luck-and Change Your Life. Century.








0 komentar:

Posting Komentar