1.11.23

UTS Dunia terus berubah,inovasi tidak bisa di tawar tawar

 

Essay Ujian Tengah Semester Psikologi Inovasi

 Dunia terus berubah,inovasi tidak bisa di tawar tawar


Ade diah palupi

NIM : 21310410081

Kelas Reguler

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Perubahan dalam bahasa Inggris disebut dengan change atau tagyir dalam bahasa Arab. Perubahan dapat dimaknai sebagai beralihnya keadaan sebelumnya (the before condition) menjadi keadaan setelahnya (The After condition)perubahan di setiap individu sebagai  suatu hal penting yang terjadi dalam keseluruhan struktur sosial, pola-pola perilaku  dan  sistem  interaksi  sosial,  termasuk  di  dalamnya  perubahan norma,  nilai,  dan  fenomena  kultural.

Namun permasalahan yang terjadi ialah keengganan untuk berubah .Enggan terhadap perubahan adalah suatu reaksi yang natural, bentuk reaksi dari keengganan bisa bermacam-macam, namun reaksi awal keengganan terhadap perubahan biasanya dalam bentuk mengabaikan kebutuhan untuk berubah, sebagai contoh “ kami telah melakukan proses ini dengan cara seperti ini dan tidak pernah terjadi kecelakaan, hanya orang-orang yang kurang hati-hati saja yang bisa celaka”, cara berfikir mereka inilah yang menyebabkan mereka enggan untuk melakukan perubahan, dan mereka cenderung berlawanan dengan ide-ide perubahan. Mereka merasa ketakutan terhadap bentuk perubahan yang belum mereka ketahui, merasa bahwa setiap perubahan akan menambah beban kerja mereka,selain itu kurangnya inisiatif dalam diri sendiri menjadi faktor yang dominan. Faktor-faktor yang melekat pada inisiatif itu sendiri memiliki pengaruh yang lebih kecil terhadap tingkat keengganan individu terhadap perubahan dibandingkan faktor-faktor yang lebih bersifat pribadi. Namun pendekatan ini tetap memberikan wawasan yang bermanfaat bagi para pemimpin ketika merencanakan dan melaksanakan transformasi mereka.

kemampuan resiliensi adalah kemampuan untuk mengatasi dan pulih dari setbacks atau kegagalan dalam hidup.Saat seseorang tetap tenang dalam menghadapi kegagalan, maka orang tersebut memiliki kemampuan resiliensi.Secara psikologis, dia juga akan mampu untuk menggunakan keterampilan dan kekuatannya untuk menghadapi berbagai tantangan atau masalah. Seperti pada film how to build resilience? The story of the donkey from the resilience dynamic,pada film itu di gambarkan seekor keledai yang terjebak di jalam suatu sumur ,awal mula keledai tersebebut tampak diam saja dan tidak melakukan apa apa,namun dengan kmampuan resiliensi ia berfikir kreatif dengan mengumpulkan gundukan tanah menjadi seperti pinjakan untuk melangkah ke atas hingga bisa keluar dari sumur tersebut. Hubungan resilience dengan suatu organisasi yang sering memaksa anggota untuk melakukan perubahan diri yaitu organisasi berharap agar setiap anggotanya dapat berfikir di segala jenis keadaan untuk melatih kemampuan kreatif yang ada dalam diri mereka.

Persetujuan untuk mengubah diri namun sikap tidak mencariminkan perubahan yang terjadi di kelas psikologi inovasi ialah Ketika sang dosen meminta seluruh mahaiswa untuk menukar sepatu dari kiri ke kanan dan kanan ke kiri,awal mula nya mahasiswa mengikuti instruksi yang di beikan oleh dosen namun tidak berlangsung lama bnyak mahasiswa menukar Kembali pemakaian sepat uke posisi normal,dapat di simpulkan ini merupakan suatu bentukpenolakan dengan alas an ketidaknyamanan.

Jika dalam kondisi untuk di berubah tanpa adanya reward saya akan tetap melakukan perubahan,menuurt saya perubahan merpakan hal yang menguntungkan diri saya selagi peruubahan tersebuh merupakan perubahan yang positif, jika terus tergantung dengan adanya reward itu akan menjadikan diri kita menjadi pribadi yang tidak benar benar ingin mengubah sesuatu tetapi hanya ingin mendapatkan reward tampa memikirkan perubahan nya

Daftar Pustaka

 Ranjabar, Jacobus. 2015. Perubahan sosial teori-teori dan proses perubahan sosial serta teori pembangunan. Bandung : Alfbeta

Salim, Agus, Perubahan Sosial, (Yogya: Tiara Wacana, 2014)

0 komentar:

Posting Komentar