1.11.23

Essay Ujian Tengah Semester Psikologi Inovasi. Dosen pengampu: Arundati Shinta. Tiyana Arum Sari. 21310410073

 Tiyana Arum Sari / 21310410073

Essay Ujian Tengah Semester Psikologi Inovasi

Dosen pengampu: Arundati Shinta

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



1. Apakah penolakan-penolakan dari para mahasiswa tersebut di atas ada hubungannya dengan teori-teori keengganan untuk berubah? Apa alasannya?

Jawab : Penolakan dari mahasiswa karyawan dan reguler memiliki hubungan dengan teori keengganan untuk berubah. Alasan yang digunakan mahasiswa karyawan dan reguler mengarah pada alasan kognitif dan alasan perilaku. Alasan Koginif : Alasan kognitif muncul apabila ada kesempatan untuk mengurangi atau menghilangkan keinginan untuk berubah. Alasan perilaku : Alasan perilaku bisanya dapat dilihat dari cara mereka menanggapi perubahan misalnya dengan mengulur-ulur waktu perubahan, mencari-cari alasan seperti tidak ada waktu, terlalu sibuk, sulit untuk mengumpulkan team untuk mendiskusikan perubahan tersebut, selalu berargumentasi atau bertanya tentang hal-hal yang sepele tentang initiatif perubahan tersebut.

2. Anda biasanya akan mengatakan setuju untuk mengubah diri, namun perilaku Anda tidak mencerminkan persetujuan itu. Agaknya, Anda memang harus ‘dipaksa’ untuk mengubah diri. Anda menjadi tidak nyaman dan kesehatan mentalnya terganggu. Apa hubungan antara resilience Anda pada organisasi pemaksa tersebut dengan film berikut?

How to build Resilience? The Story of the Donkey. From The Resilience Dynamic

https://www.youtube.com/watch?v=ywSnLF_Mnhk

Jawab : Ketahanan akan muncul ketika kita semua mempunyai kapasitas untuk menjadi tangguh dengan alat yang tepat dan semua akan mencapai pada titik yang diharapkan sesuai dengan proses yang stabil. Kemampuan individu dalam mengatasi, melalui, dan kembali pada kondisi semula setelah mengalami kesulitan (Reivich dan Shatte, 2002).

3. Anda biasanya akan mengatakan setuju untuk mengubah diri, namun perilaku Anda tidak mencerminkan persetujuan itu. Buktinya adalah situasi yang ada di kelas Psikologi Inovasi. Apakah bukti tersebut? Jelaskan.

Jawab : Enggan terhadap perubahan adalah suatu reaksi yang natural, bentuk reaksi dari keengganan bisa bermacam-macam, namun reaksi awal keengganan terhadap perubahan biasanya dalam bentuk mengabaikan kebutuhan untuk berubah. Banyak ditemui pada mahsiswa yang memiliki alasan kognitif yang muncul apabila ada kesempatan untuk mengurangi atau menghilangkan keinginan untuk berubah juga alasan perilaku yang bisanya dapat dilihat dari cara mereka menanggapi perubahan misalnya dengan mengulur-ulur waktu perubahan.

4. Mencermati film tersebut, Anda menjadi sadar dan kemudian melakukan perubahan diri. Persoalannya, ternyata tidak ada imbalan (reward) sedikit pun untuk perilaku mengubah diri tersebut, dari pimpinan tempat Anda bekerja. Padahal menurut hukum the law of effect, segala perilaku yang mendapatkan respon positif, maka akan diulang lagi. Bila responnya negatif maka perilaku itu tidak akan diulang lagi. Posisi Anda bagaimana? Menolak untuk berubah karena tidak ada reward, atau bersedia mengubah diri meskipun tidak ada reward? Apa alasannya?

Jawab : Segala perubahan menuju hal baik maka akan menghasilkan hal baik pula, walau bukan hari ini kita merasakan dampaknya namun suatu saat nanti. Jadi saya akan tetap melakukan perubahan dengan konsistensi walau tidak ada penghargaan secara nampak.

 

0 komentar:

Posting Komentar