29.11.23

essay prestasi- fariha aulia syahda- psikologi inovasi

 

Psikologi Inovasi

ESSAY PRESTASI

Fariha Aulia Syahda

21310410092

Dosen Pengampu:

Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA

Prodi Psikologi Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta



Menurut Duha (2018) mengatakan bahwa organisasi adalah suatu kesatuan yang dibentuk oleh beberapa orang yang mempunyai sedikit maupun semua kesamaan terkait latar belakang, identitas, harapan dan juga bermacam hal yang lain dalam mencapai tujuan bersama. Organisasi mampu berpengaruh pada setiap aspek kehidupan manusia (Hodge, 2003). Organisasi mampu berkembang apabila bisa dijalankan dengan baik, dengan sebuah kerja sama yang kuat maka akan mampu mendorong organisasi ke arah yang lebih baik lagi. Selain itu, organisasi yang baik juga mampu membentuk SDM-nya menjadi sumber daya yang berkualitas dan kompeten. Sumber daya manusia adalah hal yang paling penting dalam sebuah organisasi tanpa adanya elemen ini maka kualitas organisasi akan menjadi kurang baik dalam pengoperasiaanya. Suatu organisasi membutuhkan sebuah tenaga kerja yang bisa berkompetensi serta berkinerja tinggi untuk mewujudkan eksistensi yang jelas dan mencapai tujuan. Organisasi bisa dikatakan berhasil apabila memiliki kinerja yang baik dari sumber daya yang dimilikinya, maka dalam hal ini tingkat keberhasilan setiap staff mutlak dilakukan untuk mengukur prestasi kerja anggota. Menurut Blanchard dan Spencer (1982) mengatakan bahwasannya penilaian prestasi kerja adalah sebuah proses organisasi yang menilai kembali prestasi kerja yang dilakukan oleh anggota terkait pekerjaannya. Dalam penilaian ini adalah sebuah evaluasi yang secara keseluruhannya mendefinisikan penilaian prestasi kerja yang dijadikan sebuah gambaran maupun deskripsi sistematis terkait kekuatan serta kelemahan yang berhubungan dengan pekerjaan seseorang maupun suatu kelompok.

Dalam hal ini penulis mengikuti salah satu organisasi di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang bernama Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI). Pada organisasi ini penulis memiliki peran sebagai staff Departemen Research and Development (RnD) yang bergerak dalam bidang pengembangan baik untuk internal maupun eksternal. Banyak program kerja yang telah dilakukan salah satu pencapaian terbesar adalah mengadakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah yang diselnggarakan di Universitas Proklamasi 45 yang laksanakan dari Departemen Research and Development. Banyak partisipan yang mengahdiri acara tersebut, tentunya dengan diadakannya acara tersebut menjadi sumber pengembangan untuk eksternal mahasiswa lain diluar HIMAPSI maupun dari anggota HIMAPSI itu sendiri. Tidak hanya itu akan tetapi ada lomba juga terkait dengan pelatihan tersebut yang mana bertujuan untuk melatih kembali atau mengapplikasikan hasil dari pelatihan tersebut. Penulis sendiri memiliki peran sebagai koordinator lomba yang bertugas untuk mengumpulkan karya atau memberikan informasi terkait lomba yang diadakan tersebut. Tidak hanya itu RnD juga sering membuat konten-konten di sosial media yang mana ini bisa membantu mengedukasi masyarakat diluar sana terkait dunia psikologi. Penulis sendiri berperan sebagai content creator untuk mengedukasi terkait beberapa hal penting yang harus diketahui terkait kesehatan mental. Banyak program kerja lainnya yang diadakan oleh RnD sehingga dengan beberapa pencapaiam besar tim kami berhasil mendapatkan prestasi sebagai “BEST of DEPARTEMEN”. Dengan kekompakkan dan kerja keras dari tim sehingga departemen kami mampu berkembang dengan baik. Tidak hanya itu penulis juga bangga karena bisa membantu untuk mengedukasi dan berbagi kepada orang banyak. Dalam pengalaman organisasi ini penulis sangat merasa bangga karena bisa mencapai prestasi ini diharapkan baik penulis ataupun organisasi yang berkaitan bisa berkembang semakin jauh lebih baik lagi untuk kedepannya.

 

 

Daftar pustaka

Duha, T. (2018). Perilaku organisasi. Deepublish.

Hersey, P., & Blanchard, K. H. (1982). Grid® principles and situationalism: Both! A response to Blake and Mouton. Group & Organization Studies, 7(2), 207-210.

Hodge, B., J., Anthony, W., P., & Gales, L., W. (2003). Organization Theory: A Strategic Approach, 6th Edition. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

 

Lampiran

   





0 komentar:

Posting Komentar