11.10.23

Review Film Youtube Tentang Motivasi

 Review Film Remember The Goal

 

Oleh: Humairah Natsir

21310410042

Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2023

 


Essay ini dibuat dalam rangka memenuhi mata kuliah Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu Ibu Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A.

 

Film yang berjudul Remember The Goal yang disutradarai oleh Dave Christiano berdurasi 88 menit. Film ini bercerita tentang Courtney Smith-Donnelly, seorang pelatih baru yang belum memiliki pengalaman melatih tim pelari lintas negara di Orange Hills Christian Girls Private School. Banyak orangtua siswa yang mengeluh dari metode pelatihan yang tidak biasa. Namun pelatih baru ini tetap konsisten dengan metode pelatihannya. Film ini menggambarkan sosok Donnelly yang menangani beberapa isu dan berpegang pada tujuannya dan Alkitab 1 Korintus 10:31 "Karena itu, jika kamu makan, minum, atau apapun yang kamu lakukan, lakukanlah semua itu untuk kemuliaan Allah." Donnelly menambahkan termasuk berlari.

Awalan alur film yang langsung menekankan ke inti pesan moral yaitu untuk selalu mengingat pada tujuannya. Metode tidak biasa yang diperkenalkan membuat penasaran akan kelanjutan dan maksud dari penggunaan metode tersebut. Namun pertengahan film yang membosankan karena kebanyakan isu masalah yang melenceng dari isu inti film yaitu perlombaan lari lintas negara. Banyak kemunculan isu masalah yang langsung menemukan penyelesaiannya membuat film terasa aneh dan tidak masuk akal. Setting tempat film yang sederhana namun para pemain profesional dalam mengekspresikan diri ketika bermain film. Di akhir film, maksud dari metode tidak biasa tersebut terungkap dan membuat para peserta baru paham dan merasa sangat terbantu oleh pelatihnya. Awal film yang membuat penasaran namun karena pertengahan film yang membosankan membuat akhir filmnya tidak seru.

Film ini sangat menarik dari segi pesan moral yang disampaikan. Di mana para pelari menanamkan untuk selalu mengingat tujuannya. Tujuannya bukan untuk menang tapi untuk lolos dalam kejuaraan. Dan dalam film ini juga dibarengi dengan rohani yang tinggi, yang selalu percaya pada Tuhan dan berusaha semaksimalnya. Di mana untuk mencapai tujuan harus dengan perkiraan yang baik meski dengan hal yang tidak biasa, tidak peduli seberapa banyak hal tidak menyenangkan dijumpai yang penting selalu ingat tujuannya. Namun dalam film ini terlalu banyak membahas isu para gadis yang kurang kaitannya dengan lari lintas negara. Bahkan beberapa penyelesaian masalah tersebut sangat dangkal.

 


0 komentar:

Posting Komentar