9.10.23

FENOMENA MEROKOK DI KALANGAN REMAJA SMA

 


Tugas Wawancara (Essay 3)

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Oleh: Ade Diah Palupi (21310410081)

Dosen Pengampu:

Dra. Arundati Shinta,M.A


Kebiasaan merokok sudah menjadi masalah kesehatan utama yang terjadi di berbagai negara. Secara global, jumlah perokok di seluruh dunia mencapai 1,3 milyar orang dengan 942 juta laki-laki dan 175 juta perempuan yang berusia 15 tahun lebih (Drope et al., 2018). Berdasarkan WHO Report on the Global Tobacco Epidemic 2008, terdapat 6 kebijakan yang digunakan untuk mengurangi konsumsi rokok, yaitu memonitor kebijakan penggunaan dan pencegahan tembakau, melindungi orang-orang dari asap rokok, menawarkan bantuan untuk berhenti menggunakan tembakau, memperingatkan mengenai bahaya merokok, menegakkan larangan pada periklanan, promosi merokok, dan peningkatan pajak rokok (WHO, 2008).

Merokok dikalangan remaja merupakan salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan. Peringatan bahaya rokok yang terdapat pada rokok tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam mengurangi jumlah perokok dan bahkan sebaliknya jumlah perokok terus meningkat. Perilaku merokok remaja pada umumnya merupakan pintu gerbang pintu gerbang permasalahan remaja lainnya. 90% pecandu narkoba adalah perokok karena remaja mengidapnya Kecanduan merokok tidak lagi mempan melawan zat adiktif (nikotin dan tar).dalam rokok. Mereka mencari sesuatu yang lebih enak, yaitu saat obatnya sudah tersedia mencoba.Hal ini mendukung pernyataan psikolog Sarlito W. Sarwono bahwa Tembakau seringkali menjadi salah satu penyebab seseorang menjadi pengguna zat terlarang Dari sudut pandang kesehatan, kata beberapa ahli Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit

 

Saya mewawancarai seorang Remaja SMA  yang aktif  mengonsumsi rokok

Nama : R Y (samaran)

Umur : 17 th

Jenis kelamin : laki-laki

 

 

No

Pertanyaan

Jawaban

1

Apakah anda seorang perokok berat ?

Dulu tidak tapi semakin lama semakin rutin merokok (tiap hari)

2

Sudah berapa lama anda mengkonsumsi rokok?

Sejak kelas 2 SMP hingga sekarang kelas 12 SMA

3

Apakah anda sampai saat ini masih merokok?

Iya masih

4

Apakah yang anda rasakan saat mengkonsumsi rokok?

Pikiran tenan dan terasa mengurangi beban yang ada di pikiran

5

Berikan alas an kenapa memilih rokok?

Dahulu sempat mencoba rokok elektronik (vape) namun sensasi nya tidak sama dengan rokok dan kurang nikmat.

6

Efek yang di rasakan saat merokok?

Sering batuk dan mulut sangat pahit jika tidak merokok.

 

7

Apakah ada niatan untuk berhenti merokok?

Ada,tapi untuk aat ini sepertinya belum namun mungkin suatu saat nanti pasti akan berhanti.

 

Berdasarkan hasil wawancara yang saya lakukan,subjek yang saya wawancara sebenarnya ia memiliki keinginan untuk tidak merokok namun pergaulan di sekeliling nya merupakan perokok aktif semua jadi ia sulit untuk mengontrol.


0 komentar:

Posting Komentar