10.10.23

ESSAY 2: Meringkas jurnal: MOTIVASI BERWIRAUSAHA UNTUK PENGHEMATAN KEUANGAN KELUARGA DI KEL UNGARAN, KEC UNGARAN BARAT KAB. SEMARANG

 



 

NIM: 21310410087

Tugas: Essai 2

Nama Tugas: Meringkas Jurnal Motivasi

Nama Dosen: Dr. Arundati Shinta, MA

 

Sebuah jurnal penelitian yang berjudul “MOTIVASI BERWIRAUSAHA UNTUK PENGHEMATAN KEUANGAN KELUARGA DI KEL UNGARAN, KEC UNGARAN BARAT KAB. SEMARANG. Jurnal penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan ibu rumah tangga di Desa Ungaran Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang dalam meningkatkan perekonomian keluarganya. Lalu, Mengapa peneliti memilih tempat tersebut sebagai bahan penilitian mereka? Sebab, Kelurahan Ungaran terletak di Kecamatan Ungaran Barat merupakan salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah. Di Kec. Ungaran Barat masih sedikit jumlah usaha dan masih banyak ibu-ibu rumah tangga yang masih memiliki banyak waktu luang.

Pada jurnal tersebut, salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan dan mengajarkan cara membuat sabun deterjen cair sebagai salah satu cara untuk menghemat pengeluaran rumah tangga dan menghasilkan pendapatan tambahan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan perubahan positif di masyarakat seperti keinginan untuk memulai usaha dan peningkatan pengetahuan tentang kewirausahaan. Motivasi berwirausaha penting untuk menjaga kesuksesan dalam bisnis, dan beberapa tips bagi wirausahawan pemula antara lain memiliki fokus yang jelas, ekspektasi yang realistis, membuat rencana, fleksibel dan adaptif, mengatasi kekhawatiran penjualan, bekerja keras, memiliki tujuan pribadi yang jelas, dan mendapatkan pengalaman. Kesuksesan tidak selalu berkaitan dengan tingkat pendidikan atau latar belakang keluarga, seperti yang dicontohkan oleh individu-individu sukses seperti Thomas Alfa Edison, Li Ka Shing, Henry Ford, The Wright Brothers, Bill Gates, dan Lawrence Ellison.

Faktor yang dapat menyebabkan kegagalan wirausaha antara lain tidak memiliki tujuan yang jelas, tidak mencatat tujuan, tidak mau bertanggung jawab atas tindakan, dan tidak melakukan tindakan yang efektif. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan untuk mengatasi kurangnya usaha yang dikelola oleh ibu rumah tangga dan kurangnya motivasi untuk berwirausaha. Pelatihan dan pendidikan kewirausahaan serta pelatihan keterampilan pembuatan sabun deterjen cair diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan semangat berwirausaha di kalangan ibu rumah tangga. Saran perbaikan antara lain memberikan pelatihan praktis kewirausahaan, pendampingan intensif dalam pengelolaan bisnis dan keuangan, serta melakukan pendidikan di bidang lain yang mendukung keberhasilan bisnis dan keuangan rumah tangga.

0 komentar:

Posting Komentar