10.10.23

Essay 1 meringkas film youtube: THE KARATE KID

 

Essay 1: Meringkan Film YouTube (The Karate Kid)

MERINGKAS FILM THE KARATE KID DAN OPINI SAYA TENTANG MOTIVASI SERTA LATIHAN DALAM MENCAPAI SEBUAH KEBERHASILAN.

Tiyas Wulandari

Nim: 21310310108

Kelas Reguler (A)

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

  


Topik

Dalam film tersebut menceritakn tentang perjuangan seorang anak berusia 12 tahun yang sedang belajar bela diri.

Sumber

The karate Kid | Full Movie | 2010 | 2:20.00.

https://youtube.com/playlist?list=PLA22GOxPFgm2m5LEI8WJvZ2viuSjYjDXk&si=lJ-rv7sFfXo6uRJg

Ringkasan

Cerita dimulai ketika anak laki-laki bernama Dre Parker dan Ibunya bernama Sherry, meninggalkan rumahnya di Detroit dan berpindah ke Beijing.  Dre Parker mulai beradaptasi di tempat baru, dan mencoba untuk bermain di taman dekat rumahnya. Di taman Dre bertemu dengan seorang anak laki-laki berusia 14 tahun bernama Cheng, ia merupakan seorang pemberontak dan ahli kung-fu. Saat itu cheng sedang bersama grombolan kawannya, Cheng mulai menyerang Dre dan bahkan menyimpan dendam terhadap Dre.

Suatu ketika Dre ingin membalas kekesalannya terhadap Cheng, namun Cheng dan temannya mengejar Dre, menyudutkan Dre, dan mereka berkelahi. Pada saat itu Dre kalah dan diselamatkan oleh Tuan Han,Dre juga diobati Tuan Han menggunakan metode pengobatan Tiongkok Kuno. Saat itu Tuan Han juga mengatakan bahwa Cheng dan temannya sebenarnya tidak jahat, hanya saja mereka diajarkan oleh Guru Li (palatih kung-fu) untuk tidak memiliki belas kasihan dengan musuh. Melihat kehebatan Tuan Han, Dre meminta Tuan Han untuk melatih kung-fu.

Singkat cerita beberapa hari lagi akan digelar turnamen kung-fu, Dre dan Cheng akan mengikuti turnamen tersebut. Akhirnya Tuan Han bersedia untuk malatih Dre belajar kung-fu. Tuan Han mengajarkan bahwa Kungfu sejatinya adalah ketenangan dan kedewasaan bukan hanya pukulan dan kekuatan. Dre berlatih gerakan memori otot dengan menggunakan jaketnnya, setelah mengetahui makna dari gerakan tersebut Dre sangat bersemangat dalam belajar kung-fu. Beberapa hari kemudian Dre dan Taun Han mengunjungi kuil Tao di Pegunungan Wudang. Di kuil tersebut Tuan Han mengajarkan bahwa melatih fokus itu penting dimiliki seseoarng untuk menguasai kung-fu. Setiap harinya Dre selalu berlatih kung-fu dengan giat dan ia juga sekamin paham dengan makna dalam berlatih kung-fu.

Beberapa minggu berlalu, dan turnamen kung-fu sudah dimulai, sebenarnya Dre merasa kurang percaya diri dengan kemampuan kung-fu yang ia miliki. Namun berkat usaha dan tekat yang Dre miliki, ia mampu mengalahkan beberapa lawan sampai masuk tahap semisinal sersama Chang. Pertandingan berlangsung sangat sengit, diakhir pertandingan Dre melawan rasa sakitnya dan tetap fokus melawan musuh, akhirnya dre mampu memenagkan pertandingan tersebut.

Permasalahan

Seseorang anak kecil bernama Dre Parker  yang dimusuhi oleh temannya yang ahli bela diri dan sangat nakal bernama Cheng. Dari permasalahan tersebut  membuat Dre harus melakukan pertandinngan kung-fu dengan Cheng. Dan untuk mengikuti pertandingan tersebut Dre harus belajar dari dasar. Meskipun demikian, Dre tetap tekun dan semangat dalam berlatih sampai akhirnya Dre mampu mengalahkan Cheng dan menjadi Juara.

Opini saya

Berdasarkan ringkasan diatas maka dapat kita ambil pembelajaran bahwa usaha yang kita lakukan untuk mencapai tujuan itu tidak akan pernah sia-sia. Meskipun pada awalnya tidak bisa, dengan tekun berlatih dan memaknai setiap hal kecil yang kita lakukan, maka kita akan mencapai sebuah keberhasilan.

0 komentar:

Posting Komentar