30.10.23

ESAII 4 (PERILAKU INOVASI DIMANA MERUBAH SAMPAH SEDOTAN MENJADI HIASAN )

 ESAII 4

PSIKOLOGI INOVASI

MERUBAH SAMPAH MENJADI HIASAN



SYLVIA ANGGRAENI

21310410027

Dosen Pengampu Dr. Arundati Shinta, MA

Psikologi Inovasi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Sampah masih menjadi masalah yang terjadi di Indonesia, dimana permasalahan ini belum mendapatkan solusi yang terbaik dari Masyarakat ataupun dari pemerintah. Dikarenakan setiap harinya jumlah sampah semakin bertambah khususnya untuk sampah plastik yang memang sulit untuk terurai opleh tanah sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan.

Dilansir oleh Kompas.com,(2023). Indonesia bisa menghasilkan 93 juta ton sedotan plastik dimana menurut Dirjen Pengelolaan Sampah Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Rosa Vivien Ratna menjelaskan bahwa sampah sedotan plastik sendiri jika dijejerkan bisa dibentangkan bisa antara Jakarta sampai Meksiko.

Sungguh sangat memprihatinkan sekali dengan kondisi yang ada, sehingga saya berinisiatif untuk membuat barang yang bahan utamanya terbuat dari sisa sampah sedotan yang berasal dari rumah makan. Awalnya untuk mengisi kekosongan dengan membuat hiasan dari sampah sedotan tersebut, dimana bahan yang digunakan sangat gampang sekali di temukan untuk bahan utama sendiri adalah sampah sedotan plastic , jarum pentul , lilin sendok.

Dengan bahan sederhana tersebut saya bisa membuat sebuah hiasan bunga yang memang bisa disimpan untuk hiasan rumah dan mempercantik ruangan. Dan hiasan bunga ini berbeda dengan bunga hidup dimana harus di siram setiap harinya. Hiasan bung aini cukup mudah perawatannya cukup dilap setiap satu minggu sekali dan cara pembuatannya juga cukup mudah.

Dikarenakan saya sadar bahwa memang semua perubahan dalam diri saya sendiri harus dilakukan dari hal yang terkecil terlebih dahulu, saya harus peduli atau lebih care dengan lingkungan di sekitar saya terlebih dahulu. Karena keisingan saya itu saya coba memasarkan hasil bunga hiasan yang saya buat.

Dengan harapan bahwa hiasan bunga yang saya buat bisa menginsiprasi orang-orang lain dan saya tidak terlalu berfokus atas hasil yang saya akan terima dari penjualan hiasan bunga tersebut.

Awalnya memang saya merasa bahwa sampah sedotan plastik itu tidak berguna akan tetapi setelah saya fikir-fikir bahwa sampah plastik itu bisa manfaatkan bahkan bisa dijadikan sebuah penghasilan mungkin tidak seberapa akan tetapi kita bisa mengurangi mesikupun sedikit sampah yang berada dilingkungan kita.



 link untuk marketplace:

https://www.facebook.com/marketplace/item/1365025464450040/?mibextid=13AoS6


 

0 komentar:

Posting Komentar