11.10.23

Esaay 1 meringkas film youtube: LIFE OF PI


MERINGKAS FILM YOUTUBE

 

LIFE OF PI

 

Essay 1 Psikologi Inovasi

Meme Normasari

NIM : 21310410088

Kelas Reguler / Semester 5

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Topik

Tidak mudah menyerah dengan keadaan apapun

Sumber

https://youtu.be/Uy6qr_l5vAE?si=R4Zimp-TzXp-IOOe

Durasi film 2:07:00

Ringkasan

Pi adalah seorang laki-laki yang tinggal di India, ayah Pi adalah pemilik kebun binatang. Awalmula ia diberi nama Pi oleh ayahnya karena berasal dari salah satu kolam renang yang ada di Paris “Piscine Molitor” sehingga dia diberi nama “Piscine Molitor Patel”. Pi mengalami bullying selama 11 tahun di sekolahnya akibat dari perbedaan arti bahasa pada namanya. Pi sering dipanggil “Pesing” oleh teman-temannya, bahkan suatu ketika gurunya pun ikut memanggil ejekan tersebut dan satu kelas menertawakan Pi.

Saat pembelajaran Pi memberanikan diri untuk berkenalan dan menjelaskan arti namanya. Pi berharap cara itu membuat teman-temannya berhenti mengejeknya lagi. Pi adalah anak yang memiliki keingintahuan tinggi, hal itu dibuktikan saat Pi mempelajari berbagai agama. Hingga akhirnya Pi meyakini tiga agama sekaligus. Pi berpikir bahwa semakin banyak agama yang diyakini maka doanya akan cepat terkabul. Namun, orangtua dan kakak Pi memberikan pengertian bahwa Pi harus memilih satu dari beberapa agama tersebut.

Pada suatu hari ayah Pi mengalami sebuah masalah yang mengharuskanya menjual kebun binatang dan hewan-hewannya. Rencananya Pi dan keluarga akan pindah ke Kanada. Perasaan Pi campur aduk ketika harus meninggalkan India dan seseorang yang ia cintai yaitu “Anandi”. Saat perjalanannya melewati palung maria, kapal yang dinaiki Pi beserta kerluarga diterpa badai besar yang mengakibatkan kapal tersebut terombang-ambing dan akhirnya tenggelam. Pi sempat menyelamatkan keluarganya tetapi dia gagal. Akhirnya Pi dievakuasi ke sekoci kapal beserta beberapa hewan (zebra, hyena, orang utan, dan macan yang bernama Richard Parker) milik ayahnya.

Singkat cerita harimau itu kelaparan sehingga memakan semua hewan yang ada di sekoci kapal. Pi sangat ketakutan namun situasi memaksanya untuk bertahan hidup dengan harimaunya selama di lautan lepas. Berminggu-minggu Pi terombang-ambing di tengah lautan. Pi mencoba berbagai cara untuk bertahan hidup dengan harimaunya, seperti mencarikan makan dan melatihnya. Hingga akhirnya Pi ingin menyerah dan berdoa memohon bantuan pada Tuhan.

Akhirnya perahu Pi bersandar pada pulau yang tidak berpenghuni. Pi berusaha mencari makan untuk dirinya dan harimau. Namun, saat malam tiba Pi menyadari bahwa pulau itu sangat berbahaya untuk ia tinggali. Setelah pagi hari Pi memutuskan untuk meninggalkan pulau tersebut dan membawa bahan makanan yang cukup. Setelah berlayar di lautan, Pi akhirnya terdampar di pantai yang ada di Meksiko dengan kondisi Pi yang lemah. Harimau itu pergi ke hutan dan meninggalkan Pi. Tidak lama Pi ditemukan oleh warga dan dibawa ke rumah sakit. Pi sangat sedih karena ditinggalkan oleh harimaunya padahal ia sudah menganggap harimau sebagai sahabatnya. Saat di rumah sakit Pi di wawancara oleh 2 orang warga Jepang untuk mengetahui kronologi kenapa kapal itu bisa tenggelam. Hingga saat itu Pi menjadi warga Meksiko.

Permasalahan

Ayah Pi mengalami permasalahan sehingga ia harus menjual kebun binatang dan pindah ke Kanada. Selain itu perbedaan arti dan bahasa pada nama Pi mengakibatkan bullying. Yang terakhir orangtua Pi memberi kebebasan untuk beragama, sehingga Pi mempercayai tiga agama sekaligus.

Opini saya

Rasa tidak putus asa saat dihadapkan berbagai masalah yang cukup berat dan kepercayaannya dengan pertolongan Tuhan menjadi motivasi. Mengajarkan saya untuk tetap semangat dengan apapun masalah yang sedang dihadapi dan meyakini bahwa pertolongan Tuhan itu nyata.

 

0 komentar:

Posting Komentar