11.10.23

Daur Ulang Sampah Agar Memiliki Nilai Ekonomis

 Daur Ulang Sampah Agar Memiliki Nilai Ekonomis


Oleh: Humairah Natsir

21310410042

Program Studi Psikologi 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2023

Essay ini dibuat dalam rangka memenuhi persyaratan mata kuliah Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu Ibu Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A.


Inovasi menurut Goman (Rusdiana, 2014) merupakan penerapan secara praktis ide kreatif. Sedangkan kreativitas merupakan keahlian seseorang dalam membuat ide-ide atau gagasan-gagasan dengan berpikir agar membuat sesuatu yang baru. Ide yang dimaksud dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada dalam masyarakat dan menciptakan peluang untuk menghasilkan keuntungan dari usaha. (Wiyono, Ardiansyah, & Rasul, 2020). Penelitian Hadiyati (2011) menyatakan bahwa kreativitas dan inovasi berpengaruh secara simultan terhadap kewirausahaan dengan variabel inovasi yang mempunyai pengaruh yang lebih besar. Dan menurut Saragih, (2017) kewirausahaan merupakan kemampuan kreatif dan inovatif serta teliti melihat peluang dan selalu terbuka untuk menerima setiap masukan dan. 

Kreativitas berkaitan dengan menemukan ide-ide baru tentang suatu produk dan inovasi adalah bagaimana cara mengimplementasikan kreativitas tersebut. Sebuah produk akan di beli oleh pelanggan tergantung dari produk itu dapat memenuhi selera pelanggannya atau tidak. Misalnya dari bentuknya, warnanya, ukurannya, fitur-fiturnya juga harga dan pelayanannya disesuaikan dengan selera pelanggan. Produk harus diciptakan dengan berbagai perbedaan (diferensiasi) dengan usaha sejenis, sehingga konsumen dapat memilih dan memilah mana produk yang baik menurutnya. Usaha yang dijalankan juga harus menciptakan positioning khusus untuk konsumen yang dilayaninya. Contoh untuk usaha dibidang kuliner, harus punya diferensiasi dan positioning dalam kegiatannya, seperti perbedaan dalam rasa, bentuk, warna, ukuran dan sebagainya. Dalam keadaan seperti sekarang ini seorang pengusaha juga harus dapat memanfaatkan teknologi dalam penjualan produk dan jasanya, yaitu penjualan lewat online, sehingga jangkauan pemasarannya lebih luas lagi. (Wiyono, Ardiansyah, & Rasul, 2020). 

Salah satu karyar kreatif yang terjual di platform penjualan online yaitu shopee adalah "toples serba guna" Barang bisa di cek melalui link https://shp.ee/t5w6hdr barang ini terbuat dari sampah plastik yang daur ulang sehingga memiliki nilai ekonomis. PR{duk ini memanfaatkan sampah plastik air mineral 1,5 L. Bagian atas botol dipotong dan ditambahkan dengan (ertas gliter untuk membuat produk lebih menarik. Ukuran toples yang mini dengan tinggi dan diameter 9 cm. Dapat menampung barang-barang perintilan yang kecil. Cocok untuk menyimpan berbagai jenis barang kecil seperti kancing, kelereng, aksesoris, dan manik-manik. Harga yang pas untuk produk yang memuaskan. 

Rujukan:

Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1). 

Rusdiana. (2014). Kewirausahaan Teori dan Praktek. Bandung: Pustaka Pustaka. 

Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(2).

Wiyono, H.D,. Ardiansyah, T,. Rasul, T. (2020). Kreativitas Dan Inovasi Dalam Berwirausaha. Jurnal Usaha. 1(2), 

0 komentar:

Posting Komentar