20.10.23

BERPERILAKU INOVATIF MEMBUAT TEMPAT ALAT TULIS DARI BOTOL BEKAS DAN KAIN FLANEL

 

ESSAY 4 PSIKOLOGI INOVASI 

BERPERILAKU INOVATIF

Dosen Pengampu : Dr., Dra, Arundati Shinta, MA



Oleh : Binti Nadhifah (21310410118) 

Kelas : Psikologi Sp 

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Peningkatan jumlah sampah kian hari kian meningkat. Hal ini dipicu karena  perkembangan teknologi, industri, dan populasi. Sampah adalah suatu wujud barang atau sisa  makanan yang sudah tidak diinginkan lagi(Arum, 2019). Dalam hal yang sama juga di  kemukakan oleh Aswar dalam (M, Ruhana Desi, 2018) bahwa Sampah Adalah sesuatu yang berasal dari kegiatan manusia yang tidak lagi terpakai, tidak di senangi atau harus di buang.  Secara umum, sampah digolongkan menjadi dua jenis yaitu sampah organik (sampah basah)  dan sampah anorganik (sampah kering). Sampah organik ialah jenis sampah yang dapat  terdegradasi dan hancur secara alami, meliputi serasah dedaunan dan sampah dapur termasuk  sisa makanan sedangkan sampah anorganik ialah jenis sampah yang tidak dapat terdegradasi  (sulit terurai) meliputi kertas, kaleng, botol, besi, plastik, dan aneka logam (Banowati, 2012) .

Limbah botol plastik merupakan salah satu jenis limbah yang sulit terurai  (terdegradasi) butuh waktu 100 tahun agar bisa diurai secara alamiah. Pemanfaatan botol plastik bekas minuman menjadi kerajinan tangan atau  barang yang berguna masih jarang dilakukan oleh masyarakat. Kepedulian masyarakat  terhadap bahaya sampah khususnya sampah plastik masih sangat kurang. 

Kondisi cuaca di Indonesia saat ini yang mencapai 33° memberikan efek merasa cepat haus, penjualan minuman pun semakin meningkat sehingga sampah botol plastik  mengalami penumpukan, hal ini yang melatarbelakangi saya dengan mendaur ulang menjadi kerajinan tangan yaitu tempat alat tulis terbuat dari botol plastik dan kain flanel 

dalam promosi saya memanfaatkan media marketplace yaitu toko  pedia sebagai bahan promosi, dan melalui story whatsapp, dalam upaya promosi melalui story whatsapp tersebut berhasil di beli oleh teman saya seharga 10.000.  Berdasarkan kegiatan inovasi olahan dari bahan botol plastik menjadi tempat tempat alat tulis mampu memberikan solusi untuk menangani permasalahan sampah serta dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berperilaku inovatif.


https://tokopedia.link/5JnKNIcS2Db

 

Sumber referensi

Arum, H. M. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas Botol Plastik dalam Pembuatan Vertikal Garden di Wilayah Lamtoro Pamulang Timur. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 2.

Indonesian Jouernal of Conservation, 1(1), 12.

Doriza, S. dan V. U. G. P. (2014). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Melalui Pelatihan Wirausaha

Produk Aksesoris Bagi Ibu Rumah Tangga. Sarwahita, 11(2), 99.

M, Ruhana Desi, D. (2018). Sampah Anorganik Sebagai Ancaman di Kawasan Ekosistem Hutan

Manggrove Kuala Langsa. Jeumpa, 5(2), 85.

0 komentar:

Posting Komentar