19.9.23

Polusi Udara dan Makhluk Hidup yang Meregang Nyawa

Tugas Essay Psikologi Lingkungan

Nama : Ahmad Ghozali

Nim : 19310410031

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA 



Halo, selamat datang di MoveOn Psikologi UP45. Kali ini saya ingin berbagi tentang polusi udara dan dampaknya terhadap makhluk hidup. Apa sih polusi udara itu? Bagaimana polusi udara bisa terjadi? Dan apa saja dampaknya bagi kesehatan manusia dan lingkungan? Yuk, simak ulasannya!

Polusi udara adalah bercampurnya molekul berbahaya, baik yang disebabkan oleh kegiatan manusia maupun yang terbentuk secara alami dari Bumi. Molekul berbahaya ini bisa berupa gas, debu, asap, atau partikel lain yang mengganggu keseimbangan komposisi udara normal.

Polusi udara banyak ditemukan di daerah perkotaan yang padat penduduk dan aktivitas industri. Menurut data National Institute of Environmental Health Sciences, polusi udara menjadi penyebab kematian 6,5 juta jiwa setiap tahunnya dan angka ini terus bertambah. Selain itu, sebanyak 9 dari 10 manusia saat ini menghirup udara yang mengandung polutan lebih dari batas yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO).

Penyebab polusi udara berdasarkan sumbernya terbagi menjadi dua, yaitu buatan manusia dan berasal dari alam. Polusi udara buatan manusia kebanyakan berasal dari emisi kegiatan industri, mobil, pesawat, dan penggunaan aerosol dari produk kaleng. Selain itu, asap rokok dan kegiatan dalam rumah juga dapat membuat polusi, seperti membakar kayu atau menggunakan minyak tanah untuk perapian . Polusi udara yang berasal dari alam adalah gas yang muncul dari gunung berapi, kebakaran hutan akibat musim panas, dan debu.

Polusi udara memiliki dampak negatif yang luas bagi makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Dampak polusi udara bagi kesehatan manusia bisa bersifat jangka pendek maupun jangka panjang. Dampak jangka pendek antara lain iritasi mata dan tenggorokan, sakit kepala, pusing, batuk, pilek, dan alergi. Dampak jangka panjang antara lain penyakit pernapasan kronis, seperti asma dan bronkitis, penyakit jantung, kanker paru-paru, gangguan saraf, dan penurunan sistem imun. Selain itu, polusi udara juga bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak karena mengandung timbal yang beracun.

Dampak polusi udara bagi lingkungan juga tidak kalah buruknya. Polusi udara bisa menyebabkan perubahan iklim global akibat meningkatnya suhu bumi. Hal ini disebabkan oleh gas rumah kaca yang menjerat panas matahari di atmosfer. Akibatnya, es kutub mencair, permukaan air laut naik, cuaca ekstrem terjadi, dan keanekaragaman hayati terancam. Polusi udara juga bisa menyebabkan hujan asam akibat tingginya kadar sulfur dioksida dan nitrogen oksida di udara. Hujan asam bisa merusak tanaman, tanah, air, bangunan, dan monumen.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan polusi udara. Beberapa langkah yang bisa kita lakukan antara lain:

- Menggunakan kendaraan umum atau bersepeda untuk mengurangi emisi gas buang.

- Menggunakan bahan bakar ramah lingkungan yang tidak menghasilkan asap berlebih.

- Menanam pohon dan tanaman hijau untuk menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen.

- Tidak merokok atau menghindari asap rokok yang bisa menyebabkan penyakit pernapasan.

- Mengurangi penggunaan produk aerosol yang mengandung klorofluorokarbon (CFC) yang merusak lapisan ozon.

- Menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membakar sampah sembarangan.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kita bisa berkontribusi untuk menjaga kualitas udara dan melindungi kesehatan diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Sekian artikel dari saya, terima kasih sudah membaca.


Sumber referensi:

Faradiba, Nadia. (2022, Juli 10). Polusi udara serta dampaknya bagi manusia dan lingkungan. Kompas.com. https://www.kompas.com/sains/read/2022/07/10/163000223/polusi-udara-serta-dampaknya-bagi-manusia-dan-lingkungan

Wibawana, Widhia Arum. (2023, Mei 31). Dampak-dampak polusi udara bagi kesehatan dan lingkungan. Detik.com. https://news.detik.com/berita/d-6748718/dampak-dampak-polusi-udara-bagi-kesehatan-dan-lingkungan

Sampoerna Academy. (2022, Maret 6). Dampak pencemaran udara dan penyebabnya. Sampoernaacademy.sch.id. https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/dampak-pencemaran-udara/

Guru Bagi. (2021, November 29). Polusi : Pengertian, jenis-jenis dan dampaknya terhadap lingkungan. Gurubagi.com. https://gurubagi.com/polusi-pengertian-jenis-jenis-dan-dampaknya-terhadap-lingkungan/

Prudential Indonesia. (n.d.). Tinggal di perkotaan? Ketahui dulu dampak pencemaran udara ini. Prudential.co.id. https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/tinggal-di-perkotaan-ketahui-dulu-dampak-pencemaran-udara-ini/

0 komentar:

Posting Komentar