23.9.23

Essay Meringkas Film (LIFE OF PI)

 

LIFE OF PI

Psikologi Inovasi

Essay 1 meringkas film

Oleh:

Nia Zulkhaini (21310410097)

Dosen pengampu:

Dra. Arundhati Shinta, M.A

Topik

Tidak mudah menyerah dengan keadaan apapun.

Sumber

Life Of PI

Durasi Film 2:07:00

 

https://youtu.be/Uy6qr_l5vAE?si=R4Zimp-TzXp-IOOe

Ringkasan

Pi adalah seorang laki-laki ysng hidup di Meksino, pada masa kecilnya PI tinggal di India, ayahnya memiliki kebun binatang sendiri. Seorang penulis ternama mendatangi PI akibat rasa ketidak percayaannya terhadap Tuhan, PI menceritakan kisah hidupnya untuk meyakinkan sang penulis tersebut mengenai adanya tuhan. PI mengatakan namanya berasal dari salah satu kolam renang yang ada di Paris “Piscine Molitor” dari nama kolam renang tersebut ayahnya memberikan nama “Piscine Molitor Patel”.

 

11 th PI mengalami Bullying akibat perbedaan arti bahasa pada namanya, pada suatu hari PI memberanikan dirinya agar tidak mendapat Bullyan dengan cara memperkenalkan diri maju ke depan menjelaskan arti namanya dan itu berhasil membuat teman-temannya berhenti mengejeknya dan mulai memanggilnya PI.

 

PI memiliki kepercayaan bahwa dengan meyakini beberapa agama sekaligus akan mempermudahnya saat meminta bantuan kepada Tuhan. suatu hari ayah PI mengalami sebuah masalah yang mengharuskanya menjual kebun binatang serta hewan-hewan yang ada di kebun binatang tersebut, PI serta keluarganya akan pindah ke Kanada, namun saat perjalanannya melewati palung maria kapal yang dinaiki PI diterpa badai besar yang mengakibatkan kapal tersebut tenggelam dan hanya PI serta beberapa hewan ayahnya yang selamat.

 

PI menaiki kapal kecil bersama harimau peliharaan ayahnya “Richard Porker”. PI sangat takut dengan Richard namun situasi memaksa PI untuk bisa bertahan berdampingan dengan Richard di tengah lautan, berminggu-minggu PI dan Richard ditengah laut tidak membuat PI putus asa. PI mencoba berbagai cara untuk bertahan hidup dengan richard hingga akhirnya mereka berdua menjadi sahabat. Berbagai cara telah PI lakukan namun tidak ada perubahan hingga pada suatu saat PI sudah benar-benar menyerah dan berdoa memohon bantuan pada tuhan.

 

Saat terbangun dari tidurnya perahu kecilnya bersadar pada sebuah pulau, PI dan richard bermalam pada pulau tersebut namun pada malam hari Tuhan memberitau kepada PI bahwa pulau tersebut tidak dapat ditempati lebih lama oleh manusia. Pada pagi harinya PI dan Richard menaiki perahu kecilnya kembali hingga perahu tersebut mendarat pada sebuah pantai yang ada di Meksiko, kondisi PI sangat lemah sedangkan Richard turun dari perahu berjalan menuju hutan meninggalkan PI, tidak selang lama PI di temukan oleh beberapa warga dan dibawa ke rumah sakit. Pada tragedi tersebut menjadikan PI menetap menjadi warga Meksiko.

Permasalahan

Akibat ayah PI yang membangun kebun binatang pada lahan milik kota mengharuskannya untuk menjual dan pindak ke Kanada. Pemberian nama yang diberikan kepada PI mengakibatkan Bullying kepada anaknya selama bertahun-tahun serta Kurangnya pembelajaran beragama yang diberikan oleh kedua orang tua PI mengakibatkan PI mempercayai lebih dari 1 agama sejak dia kecil hingga dewasa.

Opini saya

Rasa tidak putus asa saat menghadapi berbagai masalah dan kepercayaanya akan pertolongan Tuhan sangat memotivasi bagi kehidupan. Mengajarkan kita untuk tetap berfikir positif dan selalu bersemangat menjalani serta menghadapi berbagai macam masalah dalam hidup dan tidak lupa dengan meminta bantuan kepada Tuhan meyakini bahwa Tuhan akan selalu mendampingi dan membantu untuk kita menemukan jalan keluar dari masalah tersebut.

 


 

0 komentar:

Posting Komentar