6.1.23

PERUBAHAN DIRI DIMULAI DARI DIRI SENDIRI

 

Essay UAS Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Di susun oleh: Inge Zukhruf Warohmah  (22310420041)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Pada esai ke 3 perubahan diri kegiatan atau jenis olahraga yang saya lakukan adalah jogging atau lari pagi. Alasan saya memilih olahraga ini adalah memang dari dulu saya sudah terkadang melakukan jogging pagi hanya saja intensitas yang saya lakukan ini masih cukup jarang. Dengan adanya tugas perubahan diri ini saya jadi lebih sering melakukan jogging pagi.

Sejujurnya saya melakukan tugas perubahan diri tersebut tidak teratur karena dalam seminggu saya menggunakan hari-hari random ketika saya ada waktu luang saja tetapi dalam satu minggu pasti ada hari yang saya luangkan untuk berolahraga. Selain itu karena musim hujan jadi terkadang saya harus mengganti hari lain dari hari yang direncanakan karena kendala hujan yang tak kunjung reda

Tugas tambahan yang saya lakukan adalah senam pagi dan olahraga naik turun tangga akan tetapi ketika itu saya tidak menuliskanya di laporan kegiatan pada esai 3 karena saya tidak rutin melakukanya. Misalnya saja seperti senam  saya melakukan senam hanya 3 kali ketika awal mulai tugas perubahan diri tersebut. Hal ini karena saya mendampingi nenek saya yang juga melakukan kegiatan senam lansia. Selain itu naik turun tangga, karena kamar saya ada di lantai 2 dan terdapat 16 anak tangga maka sehari minimal saya melakukanya sebanya seratus kali lebih tetapi menurit saya itu bukan termasuk perubahan diri tapi keharusan jadi tidak saya tulis.  Bagi saya tugas tambahan merupakn kesadaran diri yang menunjang perubahan apa yang ingin saya lakukan.

Awalnya saya merasa cukup bingung mengapa tugas psikologi inovasi dilakukan dengan berolahraga, apa hubunganya ? akan tetapi seiring berjalannnya waktu ketika saya melakukan  olahraga dimana didalamnya ada keharusan untuk mendapatkan nilai maka saya sadar dimana letak dari inovasi yang terkandung didalam kegiatan tersebut.

Mengutip teori dari Holt, dkk (Dwarawati,dkk, 2019) terdapat 4 dimensi kesiapan untuk berubah. Pertama adalah Change-Efficacy atau rasa percaya terhadap kemampuan diri, dari sini saya mengkorelasika terhadap diri sendiri dimana ketika awal melakukan olahraga saya hanya merasa malas malasan dan berjoging dengan sangat lamban bahkan terkesan jalan santai saja. Hal ini dikarenakan saya merasa kurang mapu dengan target jarak tempuh yang sudah saya rencanakan sebelumnya sehinggan itu menjadi kendala. Kemudian yang kedua adalah management support atau dukungan dari orang lain nah disini ibu shinta selaku dosen selalu mengingatkan sampai diman dan bagaimana perubahan yang telah dilakukan mahasiswanya sehingga itu juga menjadi semangat dalam melakukan kegiatan perubahan diri. Yang ketiga adalah Appropriateness atau ketepatan untuk melakukan perubahan, disini saya merasa setengah berhasil karena saya merasa selalu bisa melakukan kegiatan olahraga setiap minggunya akan tetapi disisi lain waktu atau hari yang tidak tentu menjadi kendala tersendiri untuk menunda perubahan diri tersebut. Kemudia yang terakhir adalah Personal Valence atau manfaat bagi individu, ini merupakan dimensi yang paling sesuai dengan target perubahan yang saya lakukan. Dengan melakukan olahraga ini saya merasakan manfaat yang sangat luar biasa. Pertama saya mendapat teman dekat baru yang mana dulu kami jarang bertemu tetapi dengan kegiatan olagraga ini saya sering bertemu dengannya dan bahkan bermain keluar bersama. Yang kedua saya dapat menurunkan berat badan saya tanpa diet ketat dan terakhir saya merasa tubuh saya lebih sehat dimana saya merasa jarang sakit, apalagi sekarang banyak orang yang mudah flu semenjak pandemic berakhir. Pada akhirnya apapun perubahan yang dapat dilakukan semua nya tergantung pada diri sendiri lagi apakah dia ada niat untuk berubah atau tidak. Walau lingkungan sedikit berpengaruh tapi kesadaran diri dan kesiapan perupahan dirilah yang terpenting.

Daftar pustaka

Dwarawati,dkk.(2019) Studi Deskriptif Readiness for Change pada Karyawan Perusahaan Manufaktur di PT. “X” Bandung. Prosiding Psikologi Vol 5, No 2, diakses 6 Januari 2023 https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/17469/pdf

.

0 komentar:

Posting Komentar