6.1.23

ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER

 

ESSAY UJIAN AKHIR PSIKOLOGI INOVASI

Dhika Putra Utama

NIM : 22310420043

Kelas Karyawan / Semester 5

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

1.      (A) Jenis olahraga yang dikerjakan untuk kegiatan perubahan diri ialah jogging. Jogging merupakan olahraga aerobik di antara jalan santai dan lari, dengan kecepatan di bawah 14 km per jam. Kegiatan ini memiliki berbagai manfaat yang signifikan bagi tubuh. Mulai dari untuk menurunkan berat badan hingga meningkatkan kesehatan paru-paru). Jogging  adalah  salah  satu bentuk    olahraga    yang    dilakukan dengan   cara   berlari   kecil.   Jogging dapat   dilakukan   dimana   saja   dan olahraga   jogging   sangat   ekonomis untuk  dilakukan. Jogging  merupakan salah    satu    olahraga    yang    dapat dilakukan  untuk  menjaga  kesehatan (Rahman, 2010). Tidak perlu keahlian khusus agar dapat melakukan   jogging.   Semua   orang dari   segala   usia   dapat   melakukan jogging. Jogging    yang    dilakukan secara    teratur    akan    memberikan banyak   manfaat   bagi   kondisi   fisik dan kesehatan lainnya seperti :

1.Membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan mempercepat sistem pencernaan     dan     membantu anda   menyingkirkan   masalah pencernaan.

2.menetralkan depresi.

3.Meningkatkan  kapasitas  untuk bekerja  dan  mengarahkan  pada kehidupan yang aktif.

4.Jogging  membakar  lemak  dan mengatasi kegemukan.

5.Jogging  dapat  mengencangkan otot kaki, paha dan punggung.

(B) Nilai tambah dari kegiatan yang dilakukan ialah untuk diri menjadi lebih baik lagi dan untuk menjaga badan supaya sehat ditengah kondisi cuaca yang tidak menentu. Saya juga melakukan beberapa kegiatan olahraga tambahan seperti sit up angkat badan, sit up ang saya lakukan setiap bangun tidur dan tidak mesti jumlahnya kadang saya melakukan sekitar 50 kali kadang hanya 30, meskipun kegiatan sit up ini tambahan tetapi ini juga rutin saya lakukan. Selain sit up saya juga melakukan angkat badan, kebetulan ada barbel di kost saya jadi bisa saya gunakan untuk gerakan tambahan memelihara kesehatan tubuh ditambah kegiatan rutin futsal satu minggu sekali yang sering saya lakukan. Sehingga kegiatan jogging, sit up, serta angkat badan sangat membantu saya dalam melakukan hobi futsal. Karena dengan melakukan beberapa kegiatan yang saya sebutkan dapat menambah stamina dan tidak mudah capek ketika berman futsal serta badan terasa enak dan ringan. Olahraga futsal merupakan permainan beregu yang populer pada saat ini bahkan telah menjadi permainan nasional disetiap negara. Maraknya perkembangan olahraga futsal ini disebabkan karena cirinya yang memberikan kesempatan pada pemain untuk memperagakan keterampilannya dengan leluasa namun dengan masih tetap berpedoman kepada aturan permainan yang berlaku. Sedikit pengertian tentang futsal, futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masingmasing tim beranggotakan lima orang dengan tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan, dengan  manipulasi bola dan kaki” menurut Kurniawan (Noviada. dkk, 2014: 3).

(C) Iya kegiatan tersebut saya melakukan terus menerus. Karena disamping untuk menajaga kesehatan serta kebugaran pola hidup juga harus diubah menjadi lebih baik lagi serta untuk merubah diri perlu diklakukan secara terus agar menjadi rutinitas kegiatan yang positif.

2.      Alasan saya melakukan kegiatan tersebut karena saya menyenangi kegiatan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh dan menambah massa otot, ditambah ini merupkan kegiatan yang saya senangi. Mengapa saya memilih kegiatan ini karena berkesinambungan dengan hobi yang saya lakukan yaitu futsal. Jika saya rutin dalam melakukan hal tersebut dapat menjaga stamina dan badan terasa sehat.

3.      Makna konsep dari nilai tambah dari kegiatan yang dilakukan adalah, untuk membentuk massa otot, membakar kalori yang ada di dalam tubuh, mengurangi jaringan lemak, dan menjaga kesehatan jantung.

4.      Cara untuk menjaga kegiatan agar tetap berkelanjutan ialah, membuat jadwal rutin agar dapat terstruktur untuk melakukan kegiatan tersebut dan memasang target kegiatan supaya ada pencapaian atau tujuan terhadap kegiatan yang dilakukan. Kadang dengan memasang target untuk sebuah kegiatan dapat menjadi lebih termotivasi untuk melakukan hal tersebut.

5.      Kegiatan tersebut berkaitan dengan readness to change . karena dengan melakukan kegiatan tersebut menimbulkan perubahan dalam kegiatan yang lebih baik dan positif. Perubahan dengan adanya kegiatan tersebut dapat menjadi dampak yang sangat positif karena, membuat badan sehat dan menghilangkan pikiran negatif bagi saya. Saya dapat lebih tenang dan cenderung melampiaskan kekecewaan terhadap kegiatan yang positif.

Daftar pustaka :

diakses melalui http://rahmanariwinarko.blogspot.co.id/2010/11/manfaat-jogging-bagi-kesehatan-manusia.html 

diakses melalui https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/7/article/view/17810/16224

 


0 komentar:

Posting Komentar