14.12.22

Mengabadikan Prestasi Dalam Event Menulis

 Mengabadikan Prestasi Dalam Event Menulis


Oleh:

Humairah Natsir


Program Studi Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022

Essay ini dibuat sebagai essay prestasi dalam mata kuliah Psikologi Lingkungan 

Dosen Pengampu Ibu Dr. Arundati Shinta, MA


        DM media merupakan salah satu media penerbitan buku yang mengadakan lomba menulis. Ada beberapa lomba menulis yang diselenggarakan yaitu lomba menulis quotes, puisi, dan cerita pendek atau yang biasa disingkat cerpen. Pada bulan Agustus tahun 2022 lalu DM media menyelenggarakan lomba menulis cerita pendek dengan beberapa tema. Ada dua tema menarik yang diangkat tema pertama adalah mata batin dan tema kedua adalah time travel. 

        Lomba ini berlangsung dari bulan Agustus hingga bulan Oktober mulai dari pendaftaran lomba hingga pengumuman pemenang. Di bulan Agustus diadakan pendaftaran lomba menulis cerpen dengan dua tema di atas hingga bulan September berakhirlah batas pendaftaran dan pengumpulan karya ditutup. Di bulan Oktober panitia penyelenggara mengumumkan pemenang dari lomba tersebut dengan juara umum pertama diraih oleh Dede Silvi Saepudin, juara umum dua diraih oleh Rita Purwaningsih, juara umum tiga diraih oleh Humairah Natsir, dan juara harapan pertama kembali diraih oleh Humairah Natsir, juara harapan kedua di raih oleh Kari Susanti, dan juara terakhir yaitu juara harapan tiga diraih oleh M. Iqbal Syaifulla. 

        Penanggung jawab dalam event menulis ini adalah Zuhria Izazaya. Di bulan November diadakan open pre-order untuk pencetakan buku bagi para pemenang, untuk juara umum pertama namanya akan diukir dibagian samping buku, bagi para juara umum namanya akan diukir di cover buku, dan bagi semua juara namanya akan diukir sebagai penulis dibuku tersebut. Buku yang dihasilkan dari para penulis berjudul "Jangan Lihat Ke Belakang!" Dalam buku tersebut penulis pertamanya adalah Humairah Natsir sebagai penulis dengan sumbangsi naskah terbanyak. 

          Buku yang berjudul Jangan Lihat Ke Belakang ini terbit ber-QRCBN dan cetakan pertama buku ini pada November 2022, dengan vi + 238 halaman; 14,8 x 21 cm. Diterbitkan oleh: DM MEDIA yang berlokasi di Jl. Sendang ayu, RT 004, RW 002, kelurahan Sendang Ayu, Padang Ratu, Lampung Tengah, Lampung, Indonesia. Di bulan Desember dilakukan pengantaran buku ke lokasi masing-masing yang telah memesan buku pada pre-order buku di bulan November kemarin. 

      Dengan belajar dapat menambah ilmu wawasan. Dengan berlatih dapat mengasah kemampuan. Dengan membaca dapat mengenali dunia. Dan dengan menulis dapat dikenali dunia. Prestasi memang perlu, dan pengakuan sangat dibutuhkan. Maka cara peling tepat mengabadikan prestasi adalah dengan menulis hingga bisa dikenal dan diakui dunia.



0 komentar:

Posting Komentar