9.12.22

LAPORAN KULIAH LAPANGAN DI TPS RANDU ALAS

PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.

Disusun oleh : Deriska Indah Asokawati (21310410010)

Fakulta Psikologi Universitas Proklamasi 45



Kami para mahasiswa fakultas psikologi UP45 melakukan kuliah lapangan pada hari Senin 28 November 2022 di TPS Randu Alas dijalan kaliurang. Kegiatan ini dilakukan agar kami dapat mengetahui cara ataupun bahan-bahan yang akan digunakan untuk mengolah sampah. Kita diajarkan untuk bisa mengolah sampah yang kita hasilkan agar lingkungan kita tidak tercemar.

Saat ini susah untuk mencari sdm yang ingin ikut membantu mengolah sampah, hanya ada 6 orang disini yang mau membantu untuk mengolah semua sampah yang ada disini. Padahal disini para pengolah sampah juga digaji yang gajinya juga lumayan besar. Banyak resiko yang akan mereka hadapi ketika mereka bekerja pada TPS yang besar seperti ini seperti, tertusuk tusuk sate yang bisa menjadi bengkak dan infeksi. Ini bisa terjadi karena masyarakat tidak mau ataupun malas untuk memilah sampah. Sudah banyak yang menghimbau untuk memilah sampah yang ada agar para pengolah sampah lebih mudah untuk mengolahnya.

Ditps ini juga bisa mengambil sampah dirumah atau ditoko kalian hanya membayar iuran seharga 30.000 saja. Biasanya para pengolah sampah lebih menyukai sampah yang dihasilkan dari toko seperti alfamart atau indomart karena sampah yang mereka hasilkan adalah sampah yang kering jadi tidak menimbulkan bau.

Para pengolah sampah disini juga melakukan pendekatan kepada para warga sekitar agar mereka mendapat kepercayaan untuk mengolah sampah yang ada disekitar sana. Mereka juga memberikan penjelasan kepada masyarat disana bahwa diTPS ini adalah tempat pengolahan sampah bukan tempat pembuangan sampah.

Ditps ini juga membuat pupuk kompos yang mereka tawarkan kepada masyarakat disana, jika tidak ada yang mau hasil komposnya akan dikasihkan kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk dibeli dan dijadikan pupuk untuk tanaman kota. 

0 komentar:

Posting Komentar