6.12.22

Kontribusi Dalam Memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

 

 

 

ESSAY PRESTASI PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Kontribusi Dalam Memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia


Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.


Oleh :

Alwiyah Dwi Pratiwi (21310410034)

Psikologi Reguler

Semester Ganjil T.A 2022/2023


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Kesehatan mental atau kesehatan jiwa menurut seorang ahli kesehatan Merriam Webster, merupakan suatu keadaan emosional dan psikologis yang baik, di mana individu dapat memanfaatkan kemampuan kognisi dan emosi, berfungsi dalam komunitasnya, dan memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Kesehatan mental merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, termasuk membangun kesadaran akan pentingnya membangun mental yang kuat dan sehat.

Mengingat akan pentingnya kesehatan mental, sehingga tanggal 10 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia atau Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang diperingati setiap tahun yang dibentuk dan dideklarasikan langsung oleh World Federation of Mental Health (WFMH).

Kesehatan mental harus selalu dijaga baik lahir maupun batin. Saat ini baik remaja maupun orang dewasa termasuk golongan yang mudah mengalami gangungan mental atau depresi yang cukup tinggi. Beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan mental seperti faktor genetik, perubahan hormon, hingga pengalaman traumatis, percintaan, pertemanan, keluarga maupun tekanan hidup. Gejala yang timbul yaitu mudah marah, merasa putus asa, rendah diri, merasa cemas dan khawatir yang berlebihan. Dampak buruk yang akan terjadi jika mengabaikan kesehatan mental adalah kesehatan fisik semakin tidak baik, hubungan sosial menjadi terganggu, sulit berkonsentrasi saat berpikir, dan sulit untuk merasa bahagia.

Kesadaran akan kesehatan mental perlu disadari setiap individu untuk mencegah berbagai dampak negatif yang terjadi. Salah satu cara untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan mental adalah melalui promosi kesehatan mental. Promosi kesehatan mental bertujuan untuk mempromosikan kesehatan mental yang positif. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mempromosikannya melalui media sosial.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, saya telah mengikuti lomba Instagram Reels Competition dengan tema Kesehatan Mental Prioritas Bagi Semua yang diselenggarakan oleh Center for Public Mental Health Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Hal ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya menjaga kesehatan mental dan dampak yang akan terjadi jika tidak dapat menjaga kesehatan mental dengan baik. Setelah melihat berbagai reels tentang kesehatan mental yang ada di media sosial, masyarakat diharapkan semakin meningkatkan kesadaran untuk menjaga kesehatan mental.



Referensi :

https://dinkes.kalbarprov.go.id/hari-kesehatan-jiwa-sedunia-tahun-2022-kesehatan-mental-penting-untuk-diperhatikan/

https://www.idntimes.com/life/inspiration/amp/eva-yuniarti/dampak-buruk-mengabaikan-kesehatan-mental-c1c2?page=all#page-2


0 komentar:

Posting Komentar