2.12.22

KEKALAHAN BUKANLAH SUATU KEGAGALAN UNTUK MERAIH KEJUARAAN

 

KEKALAHAN BUKANLAH SUATU KEGAGALAN UNTUK MERAIH KEJUARAAN

Essay Prestasi Psikologi Lingkungan

 

Meylita Ayu Herbafalony

NIM : 21310410084

Kelas Reguler / Semester 3

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


        Prestasi adalah hasil yang telah dicapai seseorang dalam aktivitasnya. Menurut Maghfiroh (2011:24) Prestasi adalah perilaku berorientasi tugas yang memungkinkan prestasi individu untuk dievaluasi menurut kriteria internal dan eksternal, dengan individu bersaing dengan orang lain. Tak jarang disuatu kompetisi atau perlombaan pasti sudah biasa dengan yang namanya kekalahan. Namun, menurut saya dari kekalahan tersebut tidak menjadikan seseorang itu gagal dalam mencapai tujuan atau hal yang ingin dicapai, tetapi hal itu membuat seseorang termotivasi untuk dapat memperbaiki dan dapat belajar dari sesuatu yang kalah atau kurang baik untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi.

            Disini saya akan menceritakan pengalaman kekalahan saya pada saat mengikuti lomba. Lomba yang saya ikuti diselenggarakan oleh HMPD Universitas Sriwijaya pada 24 November 2022, dan kategori lomba yang saya ikuti adalah desain poster yang bertemakan “Guruku Pahlawanku” . Di dalam lomba tersebut juga terdapat kategori yang lainnya seperti lomba membuat puisi dan membuat cerpen. Untuk peserta yang mengikuti lombanya juga lumayan banyak yaitu sebanyak 203 peserta untuk lomba poster. Pada saat itu saya sedikit merasa bimbang dan ragu serta tidak percaya diri karena jumlah peserta yang bisa dibilang luamayan banyak, yang pada akhirnya saya tetap mengikuti lomba tersebut dengan yakin dan beranggapan untuk pengalaman serta tidak berharap untuk menjadi pemenangnya. 

(Hasil karya lomba desain poster)

             Untuk karya lomba yang saya buat adalah seperti gambar yang saya lampirkan. Adapun maksud dari poster tersebut yaitu menggambarkan bahwa seorang Guru itu sangat berjasa sekali bagi siapapun itu. Seorang Guru berhasil melahirkan orang-orang hebat seperti dokter, koki, pengusaha, seniman, perawat, polisi, tentara, dan lain sebagainya. Seorang Guru merupakan pahlawan yang dapat mewujudkan generasi sebagai pedoman negeri. Mungkin tanpa adanya seorang guru, orang-orang tidak akan dapat terlahirkan. Karena ilmu yang diberikan oleh Guru merupakan warisan yang akan kita tanamkan ke anak-anak kita nantinya.

            Kemudian, pada tanggal 26 November 2022 yaitu tanggal dimana pengumuman kejuaraan lomba diumumkan. Dan pengumunan ini dilakukan melalui webinar yang dilakukan oleh pihak HMPD Universitas Sriwijaya. Pada saat pengumuman saya merasa biasa saja. Pengumunan telah diumumkan satu per satu dari kategori lomba karya puisi, karya cerpen dan yang terakhir desain poster. Dan ternyata belum menjadi rejeki saya untuk memenangkan lomba desan poster ini, mungkin saya masih diharuskan banyak belajar dan berlatih lagi untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi. Tidak boleh menyerah dan harus tetap semangat dalam menjalankan segala apapun itu.

Referensi :

Fitriani Ayuwanty. Nandang Mulyana. Moch Zainuddin. 2018. Prestasi Belajar Anak Dengan Orang Tua Tunggal. Jurnal Pekerjaan Sosial. Vol. 1 No: 2.




0 komentar:

Posting Komentar