4.12.22

KEGIATAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH DI TPS 3R RANDU ALAS YOGYAKARTA


KEGIATAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH DI TPS 3R RANDU ALAS YOGYAKARTA

Laporan Kuliah Lapangan Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA



Oleh :

Siti Khasanah (21310410089)




Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Sampah menjadi permasalahan umum yang dihadapi oleh setiap daerah di Indonesia juga sebuah isu lingkungan yang tidak bisa dihindari. Di Yogyakarta sendiri, permasalahan persampahan adalah masalah yang memerlukan perhatian, produksi sampah yang dihasilkan di tiap - tiap daerah di Sleman hampir seluruhnya dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan tanpa melewati pengolahan terlebih dahulu sehingga terjadi overload. Tempat Pengolahan Sementara berbasis reduce, reuse, recycle (TPS 3R) adalah salah satu cara pengolahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA setiap harinya, TPS 3R adalah tempat pengolahan yang berbasis reduce, reuse dan recycle, sehingga bukan saja mengurangi jumlah sampah yang dibawa ke TPA tetapi juga memberikan keuntungan lainnya.

Senin, 28 November 2022, mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mengadakan kunjungan ke Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) Randu Alas yang berlokasi di Jl. Kaliurang, Yogyakarta. TPS 3R Randu Alas merupakan sebuah instansi yang bergerak di bidang pengolahan sampah dan beroperasi sejak tahun 2016.

TPS 3R Randu Alas mengelola sumber sampah dari pemukiman masyarakat, toko buah, rumah makan, minimarket, instansi, sekolah, dan kantor pemerintah. Adapun jenis sampah di TPS 3R Randu Alas yaitu sampah organik, sampah anorganik, sampah bahan berbahaya dan beracun (B3) dan residu. Sampah organik terdiri dari sampah buah-buahan, sampah sayur-sayuran, sampah sisa makanan, dan sebagainya. Sampah anorganik terdiri dari sampah plastik, sampah kertas, sampah kardus, logam-logam dan sebagiannya.

Kegiatan pengelolaan sampah di TPS 3R Randu Alas diawali dengan pewadahan dan pengumpulan sampah, pengangkutan sampah, penerimaan sampah, pemilahan sampah, pengolahan sampah (pembuatan kompos, magot, fermenntasi limbah buah menjadi pupuk organik cair), penyimpanan sampah, dan pengangkutan sampah ke TPA Piyungan. Kendala yang dialami dalam kegiatan pengelolaan sampah yaitu kurangnya sumber daya manusia di TPS 3R Randu Alas dan masih belum berjalannya kegiatan pemilahan sampah dari sumbernya.

Dengan semakin bertambahnya produksi sampah setiap tahunnya yang disebabkan oleh bertambahnya jumlah penduduk, perlu adanya upaya untuk mengurangi beban kerja dari TPS 3R dengan cara :
• Perlu adanya sosialisai terus menerus kepada masyarakat untuk menerapkan sistem 3R, yaitu reduce atau mengurangi sampah mulai dari sumbernya dan untuk lebih peduli terhadap lingkungannya.
• Melakukan edukasi cara memilah sampah mulai dari rumah masyarakat, dengan begitu proses pemilahan sampah pada TPS 3R akan lebih mudah dan sampah - sampah yang masih layak jual dapat dibawa ke bank sampah.



0 komentar:

Posting Komentar