12.12.22

HIDUP SEHAT DENGAN LINGKUNGAN YANG BERSIH

 

HIDUP SEHAT DENGAN LINGKUNGAN YANG BERSIH

Essay 3 Psikologi Lingkungan

Venia Astika Yahya (21310410059)

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

Sampah  adalah  limbah  yang  bersifat  padat  terdiri  dari  bahan  organik  dan bahan anorganik yang dianggap tidak berguna lagi dan harus dikelola agar tidak membahayakan lingkungan dan melindungi investasi pembangunan. Berdasarkan        pengertian    tersebut    terlihat    bahwa    sampah merupakan materi/bahan sisa atau lebih (baik oleh manusia maupun alam) yang tidak diperlukan, tidak berguna, tidak mempunyai nilai, serta tidak berharga yang akhirnya terbuang (dibuang) maupun ditolak, yang merupakan materi/bahan yang dapat mengganggu bahkan membahayakan (fungsi) lingkungan.

Permasalahan  pengelolaan  persampahan  menjadi  sangat  serius utamanya di  perkotaan  akibat  kompleksnya  permasalahan  yang  dihadapi  dan  kepadatan penduduk  yang  tinggi,  sehingga  pengelolaan  persampahan  sering  diprioritaskan penanganannya di  daerah  perkotaan. Permasalahan  dalam  pengelolaan  sampah yang   sering   terjadi   antara   lain   perilaku   dan   pola   hidup   masyarakat   masih

cenderung   mengarah   pada   peningkatan   laju   timbulan   sampah   yang   sangat

membebani pengelola kebersihan, keterbatasan sumber daya, anggaran, kendaraan personil  sehingga  pengelola  kebersihan  belum  mampu  melayani  seluruh  sampah yang dihasilkan.

Maka dari itu sangat diperlukan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan, mulai dari hal yang kecil seperti saat berjalan kita menemukan sampah kita ambil dan membuangnya ke tempat sampah, membersihkan tempat peribadatan, dan masih banyak lagi. Hal seperti itu jika dilakukan sangatlah membantu akan kebersihan lingkungan.

 

before

After

 

Gambar tersebut adalah ketika saya sedang berolah raga dengan teman saya di Stadion Mandala Krida yang terletak di Jl. Kenari, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166. Disina saya dan teman saya sedang melakukan jogging yaitu pada tanggal 25 Novemebr 2022 kisaran pukul 08.00 dan saat jogging saya melihat ada sampah (organik) yaitu daun daun yang jatuh dari pohonnya dan saya mencoba untuk membersihkannya.

 

Before
After

 

Pada gambar kedua ini adalah saya membersihkan lingkungan masjid dekat tempat tinggal saya saat ini yaitu di Masjid Baitul Hamdi Yogyakarta yang dilaksanakan pada tanggal 28 November 2022, saat itu saya memebersihkan sampah organik(daun-daun) dan anorganik (plastik, sampah aqua gelas) dan saya juga menanta sandal-sandal yang berserakan.

 

Before

After

 

Gambar ketiga tersebut saya sedang memebersihakan sampah di jalan lingkungan tempat tinggal saya yaitu di 59XW+JXV, Jl. Sidobali, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165 pada tanggal 06 Desember 2022 pukul 08.20. di pinggir jalan tersebut ada sampah-sampah yang berserakan seperti sampah plastik, daun-daun, lalu sampah-sampah tersebut aku bersihkan.

 

Before
After

 

Gambar terakhir atau keempat tersebut adalah ketika saya sedang jalan-jalan pagi dengan teman saya di pinggir sungai yaitu Sungai Gajahwong yang terletak di 9JV+XH7, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161. Disana saya membersihakan sampah yang beserakan dipinggir jalan tersebut.

 

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari empat gambar tersebut adalah kepedulian terhadap lingkungan itu sangatlah penting dan juga dibutuhkan jika ingin lingkungan kita tetap bersih dan sehat. Sekecil apapun usaha kita untuk mewujudkan lingkungan yang bersih itu sudah termasuk dalam peduli terhadap lingkungan.

 

Sumber : Kahfi, A. (2017). Tinjauan terhadap pengelolaan sampah. Jurisprudentie: Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum4(1), 12-25.

 

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar