14.12.22

ESSAY PRESTASI: ODGJ Berhak Dapatkan yang Sama.

 "Jangan Bedakan Kami! ODGJ Berhak Dapatkan yang Sama."

Essay Prestasi Psikologi Lingkungan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu Arundati Shinta

Oleh Aulia Khoiru Ummatin

NIM 21310410086

Tanggal 10 Oktober, diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya kesehatan mental. Peringatan ini pertama kali diinisiasi oleh Federasi Kesehatan Mental Dunia pada tahun 1992 dan berlangsung sampai saat ini. 

Untuk memeriahkan peringatan hari kesehatan mental sedunia, organisasi yang saya ikuti, yaitu ILMPI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia) Wilayah IV Yogyakarta mengadakan beberapa rangkaian acara, yang meliputi podcast kesehatan mental, campaign online kesehatan yang mendapat partisipan masyarakat umum, seminar yang bertemakan stigma masyarakat pada ODGJ, campaign offline berupa 1000 tanda tangan untuk dukungan kepada ODGJ, dan ditutup oleh kegiatan pengabdian masyarakat "Psycocare" ke Yayasan Efata Yogyakarta.


Rangkaian kegiatan yang diadakan selama beberapa bulan tersebut berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah seminar yang bertemakan stigma masyarakat pada ODGJ yang berjudul "Jangan Bedakan Kami! ODGJ Berhak Dapatkan yang Sama". Dalam seminar tersebut terdapat beberapa rangkaian acara yang diikuti oleh masyarakat umum yang sangat antusias. Salah satu peserta seminar tersebut ternyata adalah seorang mantan penyintas Schizophrenia. Di akhir acara, sebut saja mas A, sangat antusias berbagi cerita bagaimana pengalaman beliau ketika mengidap penyakit schizophrenia dan masa-masa penyembuhan di Rumah Sakit Jiwa kepada panitia acara. Karena sangat jarang kita temui mantan penyintas ODGJ bisa menceritakan detail masa-masa sulitnya tersebut dalam menghadapi diri sendiri yang mengalami gangguan mental.

Dari pengalaman diatas, kita sangat banyak bisa mengambil pelajaran bahwa semua dari kita adalah sama tidak ada bedanya. Mari kita sama-sama memanusiakan manusia. Jangan sampai kita menaruh stigma yang jelek kepada pasien ODGJ yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih untuk penyembuhannya. Sekali lagi dari saya. Kesehatan mental itu sangat penting, maka mari memanusiakan manusia sejak dini.


0 komentar:

Posting Komentar