13.12.22

Essay prestasi membersihkan area pantai cemoro sewu

 



Essay prestasi

PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Nia Zulkhaini

(21310410097)

Dosen: Arundati Shinta

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

  Sampah merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi masyarakat, ada banyak akibat dari menumpuknya sampah terutama sampah pada lingkungan pantai, selain dapat mencemari lingkungan sampah di area pantai juga dapat mencemari laut. Sampah di pinggiran pantai yang terbawa arus air dapat merusak ekosistem laut yaitu merusak terumbu karang terutama sampah yang sulit terurai seperti sampah plastik, sampah yang terbawa arus air juga dapat membahayakan bagi penghuni laut karena bisa termakan oleh ikan maupun melukai hewan laut lainnya.

  Selain dapat mencemari lingkungan sampah pada area pantai juga dapat mengurangi nilai pariwisata. Karena pada umumnya masyarakat akan memilih tempat untuk liburan pada lingkungan yang dirasa bersih dan nyaman akan tetapi masih banyak Masyarakat yang tidak menyadari bahwa sampah tersebut juga berasal dari mereka. Kecenderungan seseorang untuk mengandalkan orang lain membuat minimnya kesadaran akan bahaya sampah pada lingkungan.

  Terdapat banyak sekali dampak buruk dari sampah selain dapat merusak lingkungan sampah juga dapat berdampak pada kesehatan manusia. Menumpuknya sampah pada suatu tempat dapat menyebabkan adanya banyak virus. Dari situlah perlunya rasa perduli akan kebersihan lingkungan. Perlunya menumbuhkan rasa perduli akan lingkungan pada masyarakat dan juga oleh para mahasiswa karena mahasiswa merupakan salah satu roll model untuk memperbaiki lingkungan dengan menerapkan ilmu² yang telah didapatnya.

  Sebagai seorang mahasiswa saya telah menerapkan rasa perduli akan lingkungan yaitu pada tanggal 22 Oktober 2022 pada acara makrab (malam keakraban) mahasiswa psikologi universitas proklamasi 45 di pantai cemoro sewu, bantul yogyakarta. Selama acara berlangsung kami para mahasiswa menjaga kebersihan lingkungan pantai agar tidak menambah banyaknya sampah yang berserakan dan tidak menjadikan kegiatan menjadi negatif karena membuang sampah sembarangan dan setelah kegiatan berakhir kami para mahasiswa terutama mahasiswa psikologi lingkungan melakukan bersih-bersih pantai yaitu memunguti sampah di sekitar pantai dan dimasukkan kedalam karung untuk dibuang pada tempat sampah.

 Banyak wisatawan yang memperhatikan namun tidak ada satupun yang mau ikut membantu mungkin bagi mereka kegiatan memungut sampah pada area pantai merupakan kegiatan yang masih tergolong asing untuk dilakukan. Minimnya pengetahuan mengenai bahayanya sampah pada lingkungan sekitar membuat tidak sedikit masyarakat yang masih sering membuang sampah sembarangan meskipun tidak jauh dari tempatnya terdapat tempat sampah. Kami para mahasiswa yang melakukan kegiatan memungut sampah pada pantai cemara sewu tidak merasa aneh meskipun banyak diliat oleh wisatawan lainnya karena kegiatan memungut sampah merupakan salah satu kegiatan untuk menjaga lingkungan dan juga menjaga keindahan pantai serta menjaga adanya pencemaran air laut. Kegiatan memungut sampah pada area pantai merupakan suatu prestasi karena telah menerapkan rasa perduli akan lingkungan dan memberikan contoh yang baik bagi para wisatawan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar.




0 komentar:

Posting Komentar