29.12.22

Essay 3 Psikologi Lingkungan, dosen pengampu: Arundati Shinta. Tiyana Arum Sari / 21310410073

 

Bank Sampah Darling ( Daerah Ramah Lingkungan )

Nama                    : Bank Sampah Daerah Ramah Lingkungan

Alamat                  : Karangwaru Lor, Tegalrejo, Yogyakarta

Pengurus               Hasti Maryanti, Hj. Nur Wijayanti

    Sampah tidak hanya cukup dibuang pada tempatnya, namun juga perlu diolah menjadi sesuatu yang mempunyai manfaat dan nilai guna. Salah satu cara kreatif untuk mengolah sampah adalah dengan bank sampah yang menggunakan paradigma mencegah timbulnya sampah (reduce), menggunakan ulang sampah (reuse), serta mendaur ulang sampah (recycle).

    Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. Asal muasal berdirinya bank sampah karena adanya keprihatinan masyarakat akan lingkungan hidup yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah baik organik maupun anorganik. Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga memerlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. Alhasil, dengan adanya pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

    Bank sampah memiliki beberapa manfaat bagi manusia dan lingkungan hidup, seperti membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis. Manfaat bank sampah untuk masyarakat adalah dapat menambah penghasilan masyarakat karena saat mereka menukarkan sampah mereka akan mendapatkan imbalan berupa uang yang dikumpulkan dalam rekening yang mereka miliki.

    Tak hanya itu, bagi masyarakat dapat sewaktu-waktu mengambil uang pada tabungannya saat tabungannya sudah terkumpul banyak. Berikut bukti mengikuti bank sampah :

Foto 1 :

23 November 2022, 07.58 WIB

Jumlah yang diperoleh : Plastik (Botol Plastik) 1,5kg, Rp 3000 


Foto 2 :

15 Desember 2022, 08.01 WIB

Jumlah yang diperoleh : Kertas (Kardus) 1kg, Rp 1200




Foto 3 :

29 Desember 2022, 07.57 WIB

Jumlah yang diperoleh : Plastik (Botol Plastik) 1kg, Rp 2000




Lampiran lain :








0 komentar:

Posting Komentar