9.11.22

Perempuan-Perempuan Hebat Masa Kini Dalam Mengelolah Sampah yang Berdedikasi terhadap Lingkungan yang Lebih Sehat

 


Essay Ujian Tengah Semester Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Arundati Shinta

 

Lisa Devita Saripi (21310410106)

Reguler (A)

T.A Ganjil 2022-2023

Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Perempuan merupakan salah satu ciptaan yang di ciptakan setelah laki-laki, perempuan dalam konteks gender didefinisikan sebagai sifat yang melekat pada seseorang untuk menjadi feminim. Adapun pehaman perempuan dalam pengertian sex yakni memiliki alat reptoduksi seperti Rahim, sel telur dan payudara sehingga perempuan dapat hamil dan menyusui. Sehingga pemahaman terhadap perempuan mengalami sterotype dalam peran sosialnya.

Di dalam peran sosialnya perempuan masih di anggap lemah, dibandingkan, dan di asingkan ketika berada di lingkup sosial. Seperti tidak boleh ikut andil dalam kegiatan yang di selenggarakan oleh pemerintah, kelompok masyarakat dll,  seperti penyuluhan dan turun lapangan serta berdidikasi lebih dalam membantu sebuah kegiatan,  karena bagi yang lain perempuan terkadang hanya bisa menyusahkan, lagi-lagi ini merupakan sterotype yang ada di masyarakat. Padahal bisa kita lihat lebih dalam lagi ketika perempuan ikut andil dalam lingkup sosial mampu memberikan dampak positif yang lebih besar tidak hanya pada lingkup sosial tapi perempuan mampu ikut andil dalam kegiatan lingkungan untuk menjadikannya lebih sehat.

Maka dari itu saya ingin menuliskan sesuatu tentang bagaimana peran perempuan dalam mengubah lingkungan menjadi lebih sehat serta bernilai. Seusai dengan tugas UTS ini saya melakukan observasi di 3 tempat yang berbeda untuk melihat apa saja peran perempuan yang di miliki oleh masyarakat.

Pada kunjungan yang pertama saya mengunjungi sebuah tempat yang indah di mana di dalamnya terdapat begitu banyak karya-karya yang bernilai jual seperti bunga dari bahan botol plastik, vigura dari cangkang telur, sampai ada keranjang buah dari daun salak dan masih banyak lagi karya-karya beliau. Dan perempuan hebat yang pertama ini adalah ibu rike berusia 51 tahun asal Yogyakarta yang sudah menekuni kegiatan pengelolahn ini sejak sebelum covid melanda. Inspirasi pertama ibu rike adalah ibunya sendiri yang senang mengelolah botol pelastik menjadi bunga. Prestasi dari bu rike adalah aktif di forum bank sampah kota yogya, serta beliau merupakan ketua bagian promosi di DLH Yogyakarta, dan beliau pernah membawa karyanya ke lomba bank sampah sampai pada kategori pembina.

Dokumentasi :           


 

Pada kunjungan yang ke dua, saya mengunjungi sebuah tempat yang mana tempat ini bagi Sebagian orang sangat kotor dan tidak layak huni. Tempat ini adalah TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) Piyungan yang terletak di daerah Bantul. Akan tetapi ada yang menarik perhatian saya untuk mengunjungi tempat ini yakni ada seorang perempuan hebat seperti ibu siti Fatimah yang tinggal di tempat itu semenjak TPST piyungan di buka beliau tinggal Bersama suami dan satu anak laki-laki bernama Bayu Setiawan usia 22 tahun. yang membantu  dalam mengelolah sampah. Uniknya ibu siti Fatimah mengepul sampah serta  anak laki-lakinya mengelolah sampah dengan menggunakan maggot sampai nantinya jadi pakan ternak. Yang bisa saya ambil dari kehebatan bu Fatimah yakni beliau mampu mengelolah sampah di tempat seperti itu dan mengajak keluarganya untuk bisa mengelolah sampai sampai akhirnya nanti berniali uang.

Dokumentasi :


Dan yang ketiga, saya melakukan observasi pada ibu-ibu organisasi kemasyarakatan yang pro terhadap lingkungan dan saya bertemu dengan ibu rumi yang merupakan ketua bank sampah sorosutan RW 05 yang berdiri sejak tahun 2013. Ibu rumi dan komunitasnya masuk kedalam perempuan hebat karena beliau sangat peduli terhadap lingkungan terutama masalah sampah. 

Dokumentasi :





 

DAFTAR PUSTAKA

Kopasiana. (2016). Peran Perempuan Memiliki Dampak Besar Dalam Mengubah Lingkungan. Di kutip di https://www.kompasiana.com/willtz/57166554f192734d0bce3847/peran-perempuan-memiliki-dampak-besar-dalam-mengubah-lingkungan.

 

Mushlihin (2013). Konsep perempuan. Di kutip di https://www.referensimakalah.com/2013/01/konsep-perempuan.html




 








0 komentar:

Posting Komentar