9.11.22

PERANAN PEREMPUAN DALAM MENGOLAH SAMPAH

 Essay Ujian Tengah Semester

Nama : khanifatu zahro

Nim : 21310410053

kelas : sp

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Arundati Shinta


Foto 1

Foto 2

Foto 3


Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. Sampah seringkali mengacu kepada material sisa yang tidak diinginkan atau tidak bermanfaat bagi manusia setelah berakhirnya suatu kegiatan atau proses domestik. Untuk buangan industri, material yang tidak diinginkan biasanya disebut dengan limbah industri. Pembuangan sampah yang tidak diurus dengan baik, akan mengakibatkan masalah besar. Karena penumpukan sampah atau membuangnya sembarangan ke kawasan terbuka akan mengakibatkan pencemaran tanah yang juga akan berdampak ke saluran air tanah. Demikian juga pembakaran sampah akan mengakibatkan pencemaran udara, pembuangan sampah ke sungai akan mengakibatkan pencemaran air, tersumbatnya saluran air dan banjir. Permasalahan sampah di Indonesia antara lain semakin banyaknya limbah sampah yang dihasilkan masyarakat, kurangnya tempat sebagai pembuangan sampah, sampah sebagai tempat berkembang dan sarang dari serangga dan tikus, menjadi sumber polusi dan pencemaran tanah, air, dan udara, menjadi sumber dan tempat hidup kuman-kuman yang membahayakan kesehatan.

Maka dari itu sangat penting untuk pengelolaan sampah yamng berada di sekita kita agar tidak membuat pencemaran lingkungan yang bisa berakibat ke kesehatan orang sekitar. Dari yang saya baca peran perempuan dalam mengelola sampah lebih banyak dari pada laki laki. Terjadi pembedaan peran dan tanggungjawab antara laki-laki dan perempuan dalam kaitan dengan kebersihan dan pengelolaan sampah, yaitu wanita berperan langsung dalam penanganan sampah, mulai dari menyapu, membersihkan, mengumpulkan dan membuang sampah ke tempat sampah, baik dilakukan sendiri (isteri) maupun anak perempuan, sedangkan laki-laki lebih banyak menangani sampah (membuang) dan kebersihan lingkungan. Perempuan dalam perannya sebagai pengelola rumah tangga acapkali memanfaatkan alam sebagai elemen pemenuh kebutuhan hidup. Mengingat begitu pentingnya keberadaan alam dalam kehidupan keluarga, maka kaum perempuan pun terus menjaga keseimbangan alam.

Disini saya akan menjelaskan peranan perempuan dengan menggunakan foto yang inspiratif:

1. Foto pertama adalah mak Tumi seorang art di desa Ngangkruk, beliau berumur 59 tahun yang sudah lama menjadi art di rumah itu. Beliau sangat berperan penting dalam menjaga kebersihan rumah dan menjaga kenyaman rumah. Beliau setiap hari mengumpulkan sampah rumah tangga yang ada di rumah tersebut dan dibuang ke penampungan sampah sekitar sehingga rumah tersebut jadi nyaman karena tidak ada sampah yang bau.

2. Foto kedua adalah mbah mento seorang lansia di desa Ngangkruk beliau berumu 105 tahun yang masih aktif dalam mengumpulkan sampah botol plastik yang beliah minta dari rumah rumah setiap harinya. Mbah mento berperan penting dalam mengumpulkan botol plastik yang berada dirumah rumah sekitar sehingga terkumpul dan akan dijual di pengepul yang datang ke rumah beliau.

3. Foto ketiga sekelompok mahasiswa yang beranggotakan 15 orang(11 perempuan dan 4 laki laki) sedang melakukan kegiatan membersihkan sampah yang beradi disekitar pantai. Mahasiswa perempuan ini berperan penting dalam menjaga kebersihan pantai. Mereka memisahkan antara sampah organik dan non organi. Sampah organik bereka kumpulkan untuk di pendam di tanak sekitar agar bisa diurai oleh mikroorganisme, sedangkan sampah bungkus plastik dipisah dengan sampah botol. Sampak botol akan di bawa ke bank sampah sedangkan sampah bungkus plasti di buang ke pusat pembuangan sampah sekitar pantai.



0 komentar:

Posting Komentar