3.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN OPINI SAYA TENTANG PENANAMAN POHON UNTUK MENCEGAH BENCANA ALAM

 

Ahmad Helmy Fauzan (21310410091)

Kelas Reguler 

Semester 3 (Ganjil) 

Dosen Pengampu : Dr. Dra.  Arundati Shinta

Psikologi Lingkungan

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

ESSAY 1


Topik

Menanam pohon untuk mengurangi kerusakan lingkungan yang dapat mengakibatkan bencana alam.

Sumber

Juvintarto. (2022). Kodim Tanam 300 Bibit Pohon. Kedaulatan Rakyat. 8 September, Hal. 2.

Ringkasan

Sebanyak 300-an bibit pohon ditanam Kodim 0734/Kota Yogyakarta bersama Pemkot Yogyakarta di Embung Giwangan, Kemantren Umbulharjo. Yogyakarta. Bibit pohon yang ditanam diantaranya kelengkeng, mangga, ketapang kencana, cemara udang dan alpukat.

Penanaman pohon dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang dapat mengakibatkan bencana alam di Kota Yogyakarta khususnya Kemantren Umbulharjo, ucap Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Arif Harianto melalui Perwira Staf Teritorial (Pasiter) Kodim 0734/Kota Yogyakarta Mayor Inf Dedyk Hartono dalam sambutannya saat apel pembuka kegiatan.

Komandan Kodim mengajak seluruh komponen masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup guna menjamin kelangsungan makhluk hidup serta kelestarian ekosistem dengan harapan tercapai keselarasan dan keseimbangan lingkungan hidup untuk diwariskan kepada anak cucu. Melalui kegiatan ini Dandim juga berharap seluruh komponen masyarakat mampu merapatkan barisan bersama-sama menyamakan visi maupun persepsi dalam menghadapi tantangan kebangsaan yang kian berat dan komplek.

Permasalahan

Banyak kerusakan lingkungan di Yogyakarta menginisiasi jajaran Kodim 0734/Kota Yogyakarta bersama pemkot Kota Yogyakarta untuk melalukan kegiatan peduli lingkungan dengan menanam pohon dibeberapa daerah di Yogyakarta.

Opini Saya

Ø Penanaman pohon yang dilakukan oleh instansi TNI dan pemerintah sudah bagus untuk menciptakan lingkungan yang baik serta meminimalisir bencana yang ada.

Ø Lebih baik lagi jika kegiatan menjadi kegiatan rutin yang berkepanjangan yang bisa menjadi kebiasaan baik untuk instansi dan masyarakat pada umumnya.

Ø Pemerataan diberbagai daerah akan membuat kegiatan ini menjadi lebih dikenal dan sebagai motivasi dari berbagai pihak untuk meniru kegiatan baik ini.





0 komentar:

Posting Komentar