6.11.22

 

MERINGKAS ARTIKEL DARI KORAN

ESSAY I

PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu

:

Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Nama

:

Zaen Isnaini Sabilla N

NIM

:

22310420038

Fakultas

:

Psikologi

UNIVERSITAS PROKLAMASI  45 YOGYAKARTA

Topik

Individu perlu berperan sebagai penghubung “jembatan” komunikasi antar kelompok. Mengkomunikasikan kebutuhan satu sama lain dengan duduk berkumpul dan berdialog bersama, untuk menghilangkan boundaries yakni garis tebal yang sulit ditembus menjadi garis putus-putus agar menjadi lebih fleksibel serta luwes sehingga mengurangi gesekan antar kelompk yang bisa menyebabkan ketegangan atau konflik. Inovasi perlu dilakukan anak muda jaman sekarang yakni pada soft skill komunikasi sebagai penghubung antar kelompok, yang bahkan secara ideologis sangat berbeda dengan kelompok sendiri (in group-out group)

Sumber

Suwarna, Budi (2022). Tatuk, Si Manusia Jembatan. Kompas. 06 November, hal. 8.

Ringkasan

Dari obrolan menjadi terhubung dengan banyak orang, dan bisa menjembatani orang lain untuk bertemu dengan sumber daya yang tepat, dan dapat melakukan kolaborasi bersama misalnya kelompok anak punk, anak metal, ank motor, seniman, creator, desainer, mahasiswa, akademisi, sampai ibu-ibu arisan dan pengajian. Pentingnya sebuah penghubung di sebuah ekosistem kreatif, anak muda kreatif yang bekerja sendiri-sendiri, kalau berkolaborasi satu sam alain ekonomi kreatif akan semakin kuat.

Beranngkat dari kumpulan mahasiswa yang tidak lulus kuliah selama 10 tahun, atau DO mendapat stigma negative tetapi justru titik balik, titik temu dengan orang-orang kreatif yang berfikir merdeka. Ingin membuat ruang yang menjadi titik pertemuan (hub). Tahun 2003 membuat Evergreen usaha studio desain dan produksi kaos. Tahun 2013 proyek Play Ground Creative, kafe tempat ngumpul, ngobrol dan memunculkan ide, juga ruang kerja dan distribusi karya, juga jualan. Kemudian 2016 mendirikan Muara Market ruko pentagonaldan plaza dibagian tengah teridiri dari kedai kuliner, kopi, bir, distro, galeri, pasar kreatif, komunitas, bioskop mini. Apabila tenant dan komunitas ada persoalan dicari jalan keluar Bersama, samapi mencarikan narasumber yang tepat untuk masalah tersebut. Menjadi tiik kumpul semua komunitas kreatif di Solo, untuk belajar dalam program Cara Belajar Skena Aktif (CBSA) kemudian berkolaborasi. Masyarakat sudah memiliki Kecerdasan social untuk bekerjasama dengan komunitas lain, tetapi penghalangnya adalah boundaries yang tebal. Misalnya, komunitas anak punk nongkrong sering sebal melihat komunitas beat boys sedang Latihan, dengan alasan music monoton, sok keren, dsb. Untuk mengaburkan garis tebal tersebut, perlu memahami dengan melihat, mengenali, ngobrol kemudian apabila sudah mencair bisa melakukan kolaborasi antara dua komunitas tersebut. Semua inovasi yang dilakukan menghasilkan memori yang tidak dapat dilupakan dan sebagai penyemangat untuk selalu berinovasi kearah positif sehingga bermanfaat bagi sekitar.

Permasalahan

Kelompok tersebut terkotak-kotak dalam identitas yang berbeda dengan prasangka, hal itu terjadi dikarenakan mereka tidak salaing mengenal dan bersentuhan, maka dari itu perlu dipertemukan dan membuat kolaborasi Bersama. Tetapi dengan banyaknya komunitas yang beririsan jalan, jangan sampai menyebabkan suatu fase yakni kebingungan identitas. Dengan berbagai macam peran dan kehadiran di berbagai komunitas, kembali kepada peran utama sebagai jembatan penghubung.

Opini Saya

·       Inovasi selalu dilakukan, dimana prosesnya mulai dari duduk Bersama, mengobrol, berbagi ide, menjalankan usaha, berkolaborasi dengan kelompok lain, membuat suatu kelompok komunitas dengan tujuan mewadahi insan kreatif yang selalu memunculkan motivasi dan inovasi terbaru dengan saling meleburkan batas, tukar pikiran antar kelompok (in group-out group) sehingga semakin luwes dalam meghadapai tegangan dan gesekan antar kelompok, tidak mudah tersulut emosi dan menjadi anarkis. Peran Jembatan penghubung berinovasi menjadi perekat komunitas dalam semesta skena kreatif Solo.

 




 

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar