3.11.22

Menjadikan ASN Daerah Klaten Sebagai Teladan Dalam Menerapkan Perilaku Hidup Bersih

 

Menjadikan ASN Daerah Klaten Sebagai Teladan Dalam Menerapkan Perilaku Hidup Bersih

Essay 1

(Bella Azahar Br Tarigan 21310410033)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

Menjadikan ASN daerah Klaten sebagai teladan dalam menerapkan perilaku hidup bersih.

Sumber

Mur. Bupati Bakal Sanksi ASN yang Buang Sampah Sembarangan.

Tribun Jogja. 05 Oktober , hal. 06.

Ringkasan

·       Bupati Klaten , Sri Mulyani akan menindak aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Klaten yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya. Ia mendorong seluruh ASN di Klaten menjadi teladan dan contoh dalam menerapkan perilaku hidup bersih .

·       Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BPBD) Klaten , Sri winoto mengatakan bahwa kegiatan apel diikuti oleh 300 peserta dari unsur TNI , POLRI , OPD terkait , SAR , PMI , Komunitas Relawan Penanggulangan Bencana dan BPBD Klaten . Selain apel siaga dalam kesempatan ini juga digelar berbagai peralatan dan perlengkapan penanggulangan bencana yang dimiliki oleh TNI , POLRI , BPBD , SAR, PMI serta komunitas relawan yang ada di kabupaten Klaten.

·       Tujuan kegiatan apel siaga bencana tersebut adalah untuk memperkuat komunikasi dan koordinasi para pelaku penanggulangan bencana di kabupaten Klaten , sesuai dengan keahlian dan potensi yang dimiliki . Kemudian meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen masyarakat menghadapi musim hujan yang bisa membawa ancaman hidrometeorologi seperti banjir , angin puting beliung dan tanah longsor . Juga menyiapkan sumber daya yang diperlukan bila terjadi bencana .

Permasalahan

Daerah Klaten merupakan daerah yang rawan bencana semacam banjir dan tanah longsor. Tapi Klaten juga membanggakan karena punya potensi relawan yang cukup besar.

Opini Saya

·       Kebijakan yang diterapkan oleh Bupati Klaten , yang akan menindak Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Klaten yang membuang sampah sembarangan , merupakan kebijakan yang luar biasa sekali . Karena dengan begitu para ASN bisa menjadi contoh untuk masyarakat biasa .

·       Kegiatan Apel siaga ini juga sangat bagus karena para organisasi –organisasi/relawan bahkan alat negara akan lebih terkoordinir dan tidak putus komunikasi dalam mengurangi sampah sehingga akan berdampak baik juga pada alam yang nantinya akan mengurangi tingkat terjadinya banjir .

·       Kemudian , dengan adanya apel dan himbauan yang dilakukan oleh pemerintah ini juga berdampak baik pada masyarakat. Masyarakat akan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan yang bisa membawa ancaman hidrometeorologi seperti banjir , angin puting beliung dan tanah longsor .



0 komentar:

Posting Komentar