27.11.22

MENJADI DUTA KESEHATAN MENTAL INDONESIA

MENJADI DUTA KESEHATAN MENTAL INDONESIA 

Oleh: 

 

Rizki Amelia Saputri (21310410035)

 

Kelas Reguler A 

 

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A

Psikologi Lingkungan (Essay Prestasi)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Semester Ganjil T.A 2022/2022



 

Menjadi duta tidak semata-mata karena kita cantik, putih dan tinggi, tapi juga harus punya kepribadian yang baik. Dan inilah yang paling penting. Kecantikan yang tidak diimbangi dengan kepribadian dan kemampuan, maka hanya akan menghasilkan kecantikan yang semu. 

Pada tanggal 3 November telah di buka Pendaftaran Duta Kesehatan Mental Indonesia yang di selesanggrakan oleh Literasi Psikologi Indonesia (LPI). Saya berinisiatif untuk ikut ajang tersebut. Pada tanggal 11 November adalah pengumumanan Lolos berkas, dan Alhamdulillah dari 2000++ peserta yang mendaftar saya lolos berkas dan melanjutkan tahap selanjutnya yaitu interview. Yang di mana Interviewnya di laksanakan secara online pada tanggal 12-13 November. Dan sampailah di tanggal 14 November dimana hasil yang lolos interview di kirim lewat email. Dan Alhamdulillah saya lolos menjadi peserta Duta Kesehatan Mental Indonesia angkatan ke 1. Para peserta Duta Kesehatan Mental Indonesia resmi di kukuhkan dan di lantik pada tanggal 27 November 2022. 

Duta Kesehatan Mental Indonesia Adalah Inisiator,Kolaborator, Perwakilan, yang dipilih dan bertanggung jawab terhadap perencanaan program-program kreatif, inovatif, bertugas menjalankan kampanye kesehatan mental, membawa dampak positif dalam peningkatan kesadaran akan pentingnya Kesehatan Mental Secara langsung maupun tidak langsung kepada Masyarakat dan bekerjasama dengan instansi pemerintahan seperti kementerian, gubernur, bupati, dinas dan semua lini terkait serta berdialog/berdiskusi dengan DPR/DPRD, ahli-ahli terkait dan berbagai macam lini terkait untuk menjalin kerjasama, kolaborasi dalam mewujudkan gerakan pemerintah dalam menangani permasalahan Kesehatan Jiwa. 

Dan di Duta Kesehatan Mental Indonesia ini memiliki beberapa tugas yang diantaranya yaitu 

1. Menjamin kerjasama dengan kementerian terkait untuk berkolaborasi membantu pemerintah dalam peningkatan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental melalui program-program kreatif dan inovatif. 

2. Menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah dan kementerian kesehatan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan psikologis mas harakat Indonesia. 

3. Melakukan edukasi kepada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung tentang kesehatan mental

4. Membuat program untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan mental 

5. Melakukan visit ke panti, yayasan, sekolah, dan berbagai tempat yang mempunyai potensi untuk di edukasi dalam membantu sosialisasi, penanganan, memotivasi dan menginspirasi 

6. Memberikan motivasi dan inspirasi kepada masyarakat agar aware terhadap pentingnya kesejahteraan psikologis masyarakat Indonesia.

7. Berkolaborasi dengan organisasi, Yayasan dalam membuat suatu program positif demi terwujudnya Visi dan Misi LPI.

8. Bekerjasama dengan artis, influencer, berbagai media dan hal yang terkait dalam melakukan kampanye terkait peningkatan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental. 

9. Bekerjasama dengan Psikolog/Psikiater dan ahli-ahli terkait dalam sosialisasi kesehatan mental secara konkret demi peningkatan kesejahteraan Psikologis Masyarakat Indonesia. 


Kesehatan mental mungkin kerap luput dari perhatian. Padahal, kondisi mental yang sehat menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh serta terhindar dari berbagai penyakit. KI HAJAR DEWANTARA pernah berkata : “Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bangsanya, dan manusia di dunia pada umumnya.”Semangat bung karno juga terpatri dijiwa pemuda-pemudi Indonesia : “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”.

Saatnya menjadi bagian dari bertumbuhnya bangsa, berdampaknya diri dan memberikan kebermanfaatan dengan bersama-sama berkolaborasi, bersinergi bersama generasi muda dalam rangka mewujudkan kesejahteraan psikologis masyarakat Indonesia bersama literasi psikologi Indonesia.

Mental adalah hal-hal yang berkaitan dengan batin dan watak manusia. Dengan kata lain, kesehatan mental adalah kondisi ketika batin dan watak manusia dalam keadaan normal, tenteram, dan tenang, sehingga dapat menjalankan aktivitas dan menikmati kehidupan sehari-hari.

Kesehatan mental adalah komponen yang penting dalam setiap jenjang kehidupan manusia, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa. Bahkan, seringkali disebutkan, kondisi mental pada masa kanak-kanak dapat memengaruhi perkembangan kejiwaan seseorang hingga dewasa nantinya. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk memiliki mental yang sehat sedari kecil. Dengan memiliki mental yang sehat, seseorang dapat merasakan berbagai manfaat dalam menjalankan kehidupannya

 

REFERENSI:

https://hellosehat.com/mental/kesehatan-mental/?amp=1

0 komentar:

Posting Komentar