5.11.22

''ESSAY PRESTASI : PELAYANAN MASYARAKAT KUNJUNGAN KULIAH KE RUMAH SAKIT JIWA GHRASIA YOGYAKARTA''

Essay prestasi

Pelayanan masyarakat kunjungan kuliah ke RSJ GHRASIA

 

Nama : Arya Apolonio

                                                       NIM   : 21310410109     

                                                       Kelas  : Regular (A)

 

Mata kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, MA 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



     Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Oktober, untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan jiwa. HKJS tahun 2022 ini merupakan peringatan yang ke-28 mengusung tema ”Make Mental Health and Well Being for all a Global Priority‘ atau ”Jadikan kesehatan mental untuk semua sebagai prioritas global”. Peringatan HKJS merupakan salah satu momentum yang sangat tepat untuk mengkampanyekan bahwa semua orang berhak mendapatkan layanan kesehatan jiwa yang berkualitas dan perlunya upaya bersama berbagai pihak untuk mencegah dan mengendalikan masalah kesehatan jiwa.

    Pada tanggal 12 oktober 2022 lalu mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) GHRASIA dan didampingi langsung oleh bapak FX. Wahyu Widiantoro S.Psi., MA selaku DEKAN Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Saya sendiri merupakan salah satu perwakilan dari angkatan 2021 yang turut serta dalam mengikuti kegiatan kunjungan tersebut guna menambah ilmu dan wawasan lebih lanjut terhadap pasien-pasien ODGJ yang di rawat dirumah sakit jiwa tersebut, serta mengenali lebih jauh tempat perawatan bagi orang yang membutuhkan layanan kesehatan jiwa.

    Dalam kunjungan tersebut kami sebagai peserta kunjungan juga bergabung bersama mahasiswa dari Universitas lain seperti mahasiswa Psikologi Universitas Diponegoro dan mahasiswa Psikologi dari Universitas Gajah Mada yang kebetulan juga melakukan kunjungan dalam memperingati hari kesehatan jiwa. Kedatangan kunjungan kami di sambut dengan baik oleh pihak RSJ GHRASIA, yang dimana kami terlebih dahulu mendapatkan sambutan dari direktur rumah sakit dan selanjutnya diberikan pengetahuan baru oleh salah seorang staf psikolog terkait bertapa pentingnya kesehatan jiwa bagi setiap manusia. 

     Dalam sesi pemaparan tersebut kami juga diberikan semua informasi RSJ GHRASIA Mulai dari sejarah rumah sakit, akreditasi, sistem pelayanan serta kapasitas daya tampung pasien. Setelah menyelesaikan sesi pemaparan materi kami para peserta kunjungan di ajak berkeliling melihat tempat-tempat rehabilitasi pasien. Namun sayangnya dalam menjaga kenyamanan serta pengecahan penyebaran Covid-19 kami masih belum diijinkan untuk berinteraksi langsung dengan para pasien. Namun walaupun belum dapat bertemu dan berinteraksi langsung dengan pasien saya sangat bangga telah hadir dalam kunjungan tersebut, karena banyak pengetahuan baru yang di peroleh serta menjadi lebih tahu akan pentingnya dalam menjaga dan memelihara kestabilan kesehatan mental agar jiwa tetap dapat berdamai dengan diri sendiri. Harapan saya setelah melakukan kunjunag tersebut semoga kedepannya apabila berkunjung kembali para peserta kunjungan sudah mendapatkan ijin dari pihak rumah sakit untuk melihat serta berinteraksi langsung dengan pasien yang dirawat di RSJ GHRASIA. #SALAM SEHAT JIWA.



Referensi: Rizki Fitryasari, Hanik. N,E & Dian, R,T. (2019). Kesehatan jiwa pendekatan holistik dalam asuhan keperawatan.
Yulifah Nor & Romadi,R. (2020). Sejarah Rumah Sakit Jiwa Daerah dr. Amino Gondohutomo Provinsi Jawa Tengah Dan Peranannya Bagi Masyarakat Pada Tahun 1986-2018. Journal of Indonesian History 9 (1), 1-9.

0 komentar:

Posting Komentar