6.11.22

Essay Prestasi : Kunjungan ke Panti Rehabilitasi Pondok Tetirah Dzikir

 

Kunjungan ke Panti Rehabilitasi Pondok Tetirah Dzikir

Essay Prestasi

Psikologi Lingkungan

Maliqazuhra Iqbal (21310410003)

Kelas Reguler

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A

    Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati pada 10 Oktober setiap tahun. Peringatan ini merupakan hasil dari program advokasi dan kesadaran global yang dimulai oleh Federasi Kesehatan Mental Dunia pada 1992.

    Dalam memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia HIMAPSI UP45 mengadakan kunjungan ke salah satu Panti Rehabilitas Pondok Tetirah Dzikir, di Berbah pada tanggal 16 Oktober 2022. Kunjungan tersebut untuk menghibur dan menjadi bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan pada mentalnya. Di Panti Rehabilitas ini lebih mengacu kepada masyarakat yang mengalami gangguan pecandu NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya) dan ODGJ. Adapun cara yang mereka lakukan untuk menyembuhkan para santri mereka dengan cara Islami yang mengutamakan ibadah dan memperbanyak kegiatan positif lainnya.

    Adapun kegiatan yang dilakukan disana seperti kata sambutan yang langsung disampaikan oleh Bapak Ustad. Muhammad Tri Hardono sebagai pengasuh Pondok Tetirah Dzikir beliau berkata bahwa beliau senang dengan kedatangan para mahasiswa yang masih peduli kepada orang-orang yang mempunyai gangguan kejiwaan, dikarenakan sangat sedikit msayarakat atau pemuda yang ingin datang untuk menghibur bahkan mengunjungi para kekasih Allah, karena Pondok Tetirah Dzikir ini masih sangat membutuhkan kepudulian dari masyarakat disekitar. Pontoh Tetirah Dzikir ini memiliki banyak santri akan tetapi hanya sebagian kecil yang dapat ikut hadir dalam kegiatan, yakni santri yang sudah mulai membaik dan dapat dikendalikan.

    Selain kata sambutan dari pengasuh Pontoh Tetirah Dzikir, kegiatan dilaksanakan di panti tersebut diantaranya senam bersama, games, dan berkeliling ke bangsal-bangsal tempat para santri beristirahat, serta kegiatan ini ditutup dengan penyerahan bantuan dari HIMAPSI kepada perwakilan pihak dari Pondok Tetirah Dzikir dan foto bersama dengan para santri Panti Rehabilitasi Pondok Pesantren Tetirah Dzikir.

Dokumentasi Foto Bersama

Referensi:

https://lifestyle.sindonews.com/read/908307/155/hari-kesehatan-mental-sedunia-2022-tema-dan-sejarah-1665364225 (diakses: 05 November 2022)

https://quranesia.org/program-quranesia-di-pondok-tetirah-dzikir/ (diakses: 03 November 2022)

https://jogja.tribunnews.com/2020/04/02/pondok-tetirah-dzikir-bina-ratusan-pecandu-napza-dan-orang-gangguan-jiwa?page=2 (diakses: 06 November 2022)

 


0 komentar:

Posting Komentar