21.10.22

MERINGKAS VIDEO YOUTUBE DAN OPINI SAYA DALAM BAHASA INGGRIS TENTANG LINGKUNGAN HIDUP YANG TERANCAM AKIBAT SAMPAH PLASTIK

 

MERINGKAS VIDEO YOUTUBE DAN OPINI SAYA DALAM BAHASA INGGRIS TENTANG LINGKUNGAN HIDUP YANG TERANCAM AKIBAT SAMPAH PLASTIK

Oleh:

Alfiantika Pratiwi (21310410094)

Kelas A (Reguler)

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A

Psikologi Lingkungan (Essay 2)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Semester Ganjil T.A 2022/2023


Topik

Ekosistem laut yang terancam akibat sampah plastik dan kurangnya pengetahuan serta pemahaman tentang pengolahan sampah.

Sumber

https://youtu.be/Yomf5pBN8dY

Ringkasan

Keadaan laut yang kacau akibat dari sampah plastik yang ditimbulkan dari kebiasaan manusia yaitu membuang sampah sembarangan. Laut memberikan hasil yang melimpah untuk miliaran orang dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi hal itu terjadi sebelum sampah menguasai lautan yang berakibat dan berdampak bagi ekosistem laut. Bahkan sampah yang dibuang hampir setara dengan satu truk sampah plastik dan hampir setiap harinya 17,6 miliar ton sampah dihasilkan. Sampah tadi tidak akan hilang bahkan ratursan tahun, hanya terurai menjadi potongan-potongan kecil yang disebut plastik mikro. Lebih dari 60% spesies ikan paus dan lumba-lumba terpengaruh oleh hal itu, bahkan rantai makanan yang ada di laut menjadi korban dan ekosistem laut semakin menurun. Pada tahun 2015 hanya 9% sampah yang didaur ulang. Jika hal itu semakin naik dan setiap tahun menghasilkan sampah yang lebih berkali-kali lipat, maka dari semua itu akan ada akibat yang membahayakan bagi makhluk hidup. Masih banyak sebuah perusahaan yang menghasilkan barang yang menggunakan plastik.  Akibatnya terjadi dampak yang besar jika hal itu akan terus menerus di lakukan dan di produksi tanpa mengimbangi adanya pendaurulang atau pemanfaatan plastik yang baik. Di dalam negeri penggunaan plastik masih sangat tinggi, bahkan sudah menjadi kebiasaan jika sebuah barang itu menggunakan plastik. Beda lagi dengan negara luar, kesadaran dalam bahaya plastik sangat dipedulikan. Bahkan mereka melakukan bebas plastik yang diterapkan seperti di hotel, supermarket, restoran, kamar, maskapai penerbangan, dan bahkan perusahaan minuman menerapkan bebas plastik. Oseania Peru mengadakan kampanye bebas plastik dan mengesahkan Undang-Undang yang menjauhkan plastik dari Taman Nasional dan pantai.

Permasalahan

Kebiasaan membuang sampah sembarangan diarea laut yang berdampak pada ekosistem laut yang terancam punah. Ekosistem dan rantai makanan laut yang semakin memburuk. Serta kurangnya pemahaman tentang pengolahan sampah dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan hidup.

Opini Saya

Hampir seluruh manusia tidak peduli akan ekosistem dan lingkungan yang terancam. Sebaiknya penguatan dan pelindungan dalam lingkungan lebih diperkuat supaya lingkungan memberikan dapak yang baik bagi kehidupan. Kesadaran masyarakat tentang sampah plastik harus lebih dikuatkan apalagi sekarang plastik hampir menguasai kehidupan. Meskipun menggunakan beribu cara untuk menguragi plastik, jika kebiasaan membuang dan menggunakan sampah plastik masih menjadi sebuah perilaku hal itu akan susah. Penyuluhan dan memberikan sebuah keterampilan kepada masyarakat menjadi poin utama dalam mengurangi sampah. Masyarakat membuka kesadaran dalam kepedulian lingkungan dengan menguragi penggunaan plastik dan menginofasikan sampah plastik menjadi sebuah barang yang bernilai harganya. Dari hal itu ekosistem dan lingkungan akan terjaga kelestarian demi keberlangsungan kehidupan.

 

0 komentar:

Posting Komentar